Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Palu, Sulawesi Tengah, pada Kamis (6/1) dan Jumat (7/1), untuk meninjau progres pemulihan pascabencana alam serta memimpin rapat tentang pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Wapres dan rombongan terbatas bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis, pukul 08.00 WIB, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Setibanya di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufrie, Palu, Wapres disambut oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Provinsi Sulteng.

Agenda hari pertama Wapres di Palu ialah memimpin rapat penuntasan pemulihan pascabencana Sulteng di Kantor Gubernur Sulteng bersama dengan jajaran Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah.

Baca juga: Wapres: Pemerintah antisipasi dampak pembelajaran tatap muka
Baca juga: Wapres minta penyerang Pesantren As Sunnah Lombok Timur diproses hukum
Baca juga: Wapres melawat ke rumah duka ibu Chairul Tanjung


Usai rapat, Wapres menuju ke lokasi hunian tetap (huntap) Tondo I dan huntap Tondo II untuk meninjau kondisi hunian masyarakat terdampak gempa bumi, likuefaksi dan tsunami pada September 2018.

Selanjutnya, Wapres akan mengunjungi Pondok Pesantren Al Khairaat di Palu Barat untuk bersilaturahmi dengan para pengurus dan santri.

Di hari kedua, Jumat (7/1), Wapres diagendakan memimpin rapat sosialisasi Mal Pelayanan Publik (MPP) dan pemberdayaan UMKM di Kantor Gubernur Sulteng. Setelah rapat, Wapres akan meninjau pameran UMKM di lokasi yang sama.

Wapres kemudian dijadwalkan kembali ke Jakarta usai melakukan ibadah Sholat Jumat di Masjid Al Mujahiddin di Kantor Gubernur Sulteng.

Turut mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja tersebut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Surya Tjandra dan Plt Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Kasetwapres) Ahmad Erani Yustika.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022