Palu (ANTARA) -
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat tiba di Provinsi Sulawesi Tengah langsung menggelar pertemuan terbatas dengan bupati/wali kota dan Pemerintah Provinsi Sulteng guna membahas pemulihan pascabencana alam di Palu, Kamis.
 
Dari pantauan di lapangan, Wapres dan rombongan bersama kepala daerah tiba di kantor gubernur setempat sekira Pukul 11.57 WITA, dan langsung melaksanakan agenda pertama kunjungan kerjanya dihadiri anggota forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) serta para pemangku kepentingan lainnya.
 
Sesuai agenda yang diterima dari Sekretariat Daerah Pemprov Sulteng, hari pertama Wapres tiba di Palu, memimpin rapat penuntasan pemulihan pascabencana yang sudah berlangsung tiga tahun.

Baca juga: Wapres lakukan kunjungan kerja ke Palu
 
Usai rapat, selanjutnya Pukul 15.00 WITA Wapres menuju ke lokasi hunian tetap (huntap) Tondo I dan huntap Tondo II untuk meninjau kondisi hunian masyarakat terdampak gempa bumi, tsunami dan likuefaksi dan pada 28 September 2018.
 
Di lokasi huntap, Wapres Ma'ruf dijadwalkan melakukan kunjungan sekitar 60 menit melihat lebih dekat kondisi dan aktivitas masyarakat di kawasan hunian baru.
 
Dalam kunjungan kerjanya, ia didampingi sejumlah pejabat negara di antaranya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/BPN) Surya Tjandra dan Sekretaris jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro.
 
Dari huntap Tondo, Pukul 15.55 WIT Wapres didampingi Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Pondok Pesantren Al Khairaat di Jalan Sis-Aljufri Kecamatan Palu Barat untuk bersilaturahim dengan tokoh, para pengurus dan santri.
 
Di hari kedua, Jumat (7/1), Wapres Ma'ruf diagendakan memimpin rapat sosialisasi Mal Pelayanan Publik (MPP) dan pemberdayaan UMKM di Kantor Gubernur Sulteng pada Pukul 09.15 WITA sekaligus melaksanakan shalat Jumat di Masjid Al Mujahidin di sekretariat daerah setempat.
 

Pewarta: Mohamad Ridwan/Muhammad Izfaldi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022