Jakarta (ANTARA) - Pengamat Kepolisian Dr Edi Saputra Hasibuan meluncurkan buku berjudul "Wajah Polisi Presisi, Melahirkan Banyak Inovasi dan Prestasi", menjelang Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo genap setahun menjabat sejak dilantik pada 27 Januari 2021.

Buku yang diterbitkan oleh PT Rajagrafindo Persada segera tersedia di toko-toko buku dan di situs belanja daring sehingga masyarakat akan lebih gampang mendapatkan buku itu, kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

"Buku ini berisi bagaimana Program Presisi Kapolri selama ini diterapkan oleh seluruh jajaran Polri mulai dari Polsek, Polres, Polda hingga Mabes Polri dalam meningkatkan pelayanan, perlindungan dan pengayoman di tengah masyarakat," kata Edi.

Dia mengatakan, buku itu dibuat berdasarkan hasil riset lapangan banyak inovasi dan prestasi yang dilakukan jajaran Polri untuk mewujudkan Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan atau dikenal dengan sebutan Presisi.

Sejumlah inovasi oleh Polri antara lain tilang elektronik (ETLE) di jalan raya, aplikasi pengawasan anggota Polri (Propam Presisi), pelayanan SIM daring (Sinar), Samsat Digital Nasional (Signals) dan pengaduan (Dumas Presisi).

Baca juga: Lemkapi sambut baik perintah Kapolri agar jajarannya turun ke lapangan
Baca juga: Lemkapi: Gagasan Polri di bawah kementerian bahayakan profesionalisme


Pengajar pada Universitas Bhayangkara Jakarta ini mengatakan, selain terus berinovasi dengan pelayanan berbasis aplikasi, masyarakat juga merasakan kehadiran Polri dalam memberikan perlindungan saat pandemi COVID-19.

"Kami melihat dukungan dan peran serta Polri sebagai garda terdepan bersama TNI dan pemerintah daerah banyak diapresiasi. Saat ini target pemerintah dalam gerakan vaksinasi di seluruh Indonesia berhasil melebih 70 persen. Sungguh luar biasa," katanya.

Hasil survei Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) dan Cyrus Network menyebutkan, pada tahun 2021, tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan Polri berada di atas 86 persen, meskipun tidak sedikit muncul sorotan dan kritikan kinerja Polri.

Selama tahun 2021, Polri terus berbenah, tidak anti kritik dan Polri sangat terbuka mendapat masukan masyarakat untuk mewujudkan Polri yang presisi.

"Buku ini sangat bagus untuk bahan edukasi bagi masyarakat dan bisa menjadi motivasi seluruh jajaran Polri," katanya.

Pewarta: Santoso
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022