Medan (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari Seni dan Budaya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) meraih juara 1 kategori Folklore Dance di Festival Sopravita Olympic Art Games Internasional di Italia.

Rektor UMSU Prof.Dr. Agussani, MAP di Medan, Ahad, mengucapkan selamat atas prestasi internasional yang berhasil diraih tim tari.

“Selamat UKM Tari berhasil menjadi juara 1 Folklore Dance di Itali dan telah mengharumkan nama UMSU di dunia internasional,” ujarnya.

Lebih membanggakan lagi, prestasi internasional UKM tari ini juga ikut membawa nama harum daerah Sumatera Utara, dan Indonesia. Apalagi UKM tari telah berhasil memikat hati para juri dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumut raih dua HAKI Kemenkumham

Baca juga: Enam mahasiswa UMSU tampil di Konferensi Internasional YCD 2021


Keberhasilan ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa tarian daerah di Indonesia tidak kalah dengan seni dan budaya di negara lain. "Bukan hanya prestasi, tapi yang paling membanggakan juga kita mampu memperkenalkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia di tingkat internasional," katanya.

Pengumuman pemenang festival tari internasional yang diikuti banyak universitas dunia itu diterima, Sabtu (14/1). UKM Tari UMSU sukses meraih yang terbaik mengalahkan tim kuat asal Austria, Malaysia dan Malta yang masing-masing menempati urutan kedua, tiga dan juara harapan.

Sopravita Olympic Art Games Internasional Italy merupakan organisasi Italia yang menangani Festival Seni Internasional ternama di Italia.

Festival ini diselenggarakan secara daring sejak 1 Desember 2021 – 7 Januari 2022, UKM tari UMSU menarik perhatian juri internasional dengan menampilkan tarian tradisional dengan sentuhan modern yang dikemas secara apik.

Lebih lanjut, Rektor mengungkapkan prestasi internasional UKM Tari ini menjadi kebanggaan sekaligus motivasi bagi para mahasiswa untuk bisa ikut dalam kompetisi internasional.

"Prestasi yang diraih ini bisa jadi motivasi bagi mahasiswa lainnya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Rektor mengingatkan para mahasiswa yang tergabung dalam UKM tari ini jangan cepat merasa puas. Sebaliknya, prestasi yang diraih menjadi motivasi tersendiri untuk lebih giat berlatih ke depannya.

Sementara itu, Ketua UKM Tari, Anugrah Senja Sari Nasution merasa sangat bersyukur atas pencapaian ini, “Alhamdulillah, pasti senang mendapatkan juara 1 dari 31 negara sekaligus mewakili Indonesia," katanya.

UKM Tari UMSU mengirimkan dua tarian kategori Folklore Dance dalam festival ini yakni, Gebyar Nusantara dan Tongkat Panaluan. Kedua tarian tersebut berhasil membawa UKM Tari UMSU mengalahkan Folklore Dance dari negara lainnya seperti Austria, Malaysia hingga Malta.*

Baca juga: Tujuh atlet mahasiswa UMSU perkuat Sumut di PON Papua

Baca juga: Rektor lUMSU lepas mahasiswa Fakultas Kedokteran ke Irlandia

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022