Saat hendak melintas dari jalur satu arah Kediri-Susuhan tepatnya dekat area Kediri Town Square, tiba-tiba truk tersangkut di jalur perlintasan
Kediri (ANTARA) - Petugas PT KAI Daop 7 Madiun, Jawa Timur, mengevakuasi kendaraan truk yang tersangkut di perlintasan jalur kereta api, membuat perjalanan kereta api sempat mengalami keterlambatan.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengemukakan kejadian itu berawal dari laporan petugas PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) Stasiun Kediri bahwa terdapat truk muatan mobil tersangkut di perlintasan.

"Jadi, petugas PPKA ini meneruskan laporan dari petugas (Pjl 286/ penjaga pintu perlintasan) tersangkut di jalur KA perlintasan 286 antara Kediri - Susuhan," kata Ixfan saat dikonfirmasi, Selasa.

Ia mengatakan truk yang tersangkut itu adalah Truk Mitsubishi Fuso dengan nomor polisi B 9190 UIV. Truk dikemudikan oleh Sariman, warga Desa Jembayat, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Truk milik PT Tristar Java Transindo tersebut penuh dengan muatan mobil baru.

Saat hendak melintas dari jalur satu arah Kediri-Susuhan tepatnya dekat area Kediri Town Square, tiba-tiba truk tersangkut di jalur perlintasan tersebut. Petugas yang mendapati kejadian itu langsung bergerak cepat melakukan evakuasi.

Hal itu segera dilakukan, sebab jalur padat dengan laju kereta api. Dikhawatirkan, terjadi kecelakaan jika proses evakuasi tidak segera dilakukan, termasuk membuat keberangkatan jam kereta api menjadi terlambat.

Karena penuh dengan muatan mobil baru, sehingga proses evakuasi memerlukan waktu. Akhirnya, dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan menurunkan muatan truk.

"Tadi sudah koordinasi dengan pihak terkiat guna evakuasi truk dengan menurunkan muatan. Selanjutnya truk didongkrak dan dimundurkan, namun belum berhasil," kata dia.

Namun, petugas tetap berupaya keras agar proses evakuasi berjalan. Setelah beberapa lama, akhirnya truk yang sempat tersangkut itu berhasil dievakuasi.

Ixfan mengakui dari kejadian itu jalur kereta api sempat terganggu, di antaranya KA 169b (Kertanegara) datang ke Stasiun Kediri jam 10.52 WIB, namun masih harus menunggu di petak jalan Kediri - Susuhan. Kereta itu akhirnya datang sekitar 35 menit atau jam 11.32 WIB dari jadwal.

"Ada kedatangan kereta api yang sempat terganggu, namun kondisi aman," kata dia.

Pihaknya juga meminta maaf terkait dengan kejadian tersebut. Petugas berusaha keras sehingga jalur kereta api dan arus lalu lintas pun juga bisa kembali lancar.

"Kami sampaikan permohonan maaf atas kelambatan KA 169 Kertanegara karena dampak adanya truk pengangkut mobil tersangkut di jalur KA perlintasan 286 antara Kediri - Susuhan tersebut," kata Ixfan. (*)
Baca juga: KA Joglosemarkerto tabrak pesepeda di perlintasan di Kendal
Baca juga: Daop Madiun catat zero kecelakaan KA selama 2020
Baca juga: Daop Madiun catat 38 kasus kecelakaan di jalur KA

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022