Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional putri Australia Tony Gustavsson menyebut bahwa skuadnya mewaspadai motivasi besar Indonesia menjelang pertemuan kedua tim pada laga Grup B Piala Asia 2022 di Mumbai, India, Jumat (21/1).

"Kami akan menghadapi Indonesia yang sangat termotivasi karena mereka mewakili negaranya dengan kebanggaan. Mereka tentu akan bekerja keras di sini," ujar Gustavsson dikutip dari laman AFC di Jakarta, Kamis.

Juru taktik asal Swedia itu pun meminta agar anak-anak asuhnya tidak menganggap remeh Indonesia.

Gustavsson tidak ingin skuadnya tergelincir karena mereka melakukan pendekatan yang keliru dalam pertandingan. Australia dipastikannya tampil maksimal untuk memenangkan laga tersebut.

Skuad berjuluk "Matildas" itu pun diinstruksikan untuk fokus dan konsentrasi penuh sepanjang laga karena Indonesia disebutnya dapat menyerang melalui serangan balik.

"Kami mesti bekerja keras untuk menghentikan serangan balik mereka. Akan menjadi hal buruk kalau kami kehilangan bola di area berbahaya. Laaan dapat menyerang dengan teknik dan kecepatan mereka. Jadi kami wajib bermain dengan performa 'A'," tutur Gustavsson.

Baca juga: Timnas putri Indonesia kantongi cara bermain Australia 
Baca juga: Pelatih: jangan bebani timnas putri dengan harapan di Piala Asia 2022 


Dalam kesempatan yang sama, Tony Gustavsson juga mengapresiasi keberhasilan Indonesia lolos ke Piala Asia Putri 2022, yang menjadi kesempatan pertama dalam kurun waktu 33 tahun terakhir.

"Saya kagum dan gembira melihat perkembangan Indonesia. Saya mau mengucapkan selamat untuk mereka yang sudah bermain bagus di fase kualifikasi sehingga bisa melangkah ke turnamen ini," kata pria berusia 48 tahun itu.

Timnas putri Indonesia akan berhadapan dengan Australia di Stadion Mumbai Football Arena, Mumbai, India, pada Jumat (21/1), mulai pukul 17.00 WIB.

Termasuk edisi tahun 2022, tim berjuluk Garuda Pertiwi itu sudah lima kali berkompetisi di Piala Asia Putri dengan penampilan terakhir pada tahun 1989. Prestasi terbaik Indonesia adalah menjadi semifinalis pada 1977 serta 1986.

Sementara Australia merupakan tim yang sangat diunggulkan di Piala Asia terkini. Mereka merupakan tim peringkat keempat Olimpiade Tokyo 2020 dan saat ini menghuni peringkat ke-11 FIFA. Sedangkan Timnas putri Indonesia berada di posisi ke-94 FIFA. 

Di Piala Asia 2022, Australia membawa para pemain terbaiknya yang bermain di klub-klub Eropa, seperti Arsenal, Manchester City, Chelsea dan Olympique Lyonnais, termasuk pesepak bola putri terbaik kedua dunia FIFA tahun 2021, Samantha Kerr. 

Baca juga: Ketum PSSI: ada potensi Merah Putih berkibar di Piala Asia Putri 2022 
Baca juga: Ketua Umum PSSI terharu saat melepas timnas putri ke India 
Baca juga: Bos PSSI minta timnas putri tiru semangat Garuda dalam Piala AFF 2020 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022