Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi dari Kantor Berita ANTARA pada Senin (24/1) menarik perhatian pembaca mulai dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional bukan untuk pembangunan Ibu Kota Negara hingga dimulainya pembangunan proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter (DME) di Sumatera Selatan.


Airlangga tegaskan dana PEN bukan untuk pembangunan IKN

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tidak digunakan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

“Jadi saya ingatkan bahwa dana PEN itu yang sudah diputuskan itu adalah Rp451,64 triliun dan terdiri atas tiga bidang,” ujar Airlanga dalam konferensi pers PPKM secara daring, Senin.

Baca selengkapnya


Presiden Jokowi "groundbreaking" proyek hilirisasi batu bara jadi DME

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai pembangunan (groundbreaking) proyek hilirisasi batu bara menjadi produk dimetil eter (DME) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin, yang bisa menggantikan liquid petroleum gas (LPG).

“Alhamdulillah hari ini meskipun dalam jangka waktu yang panjang belum bisa dimulai, hari ini bisa kita mulai groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi DME,” kata Presiden Jokowi di Muara Enim, Sumatera Selatan, sebagaimana diikuti secara daring, Senin.

Baca selengkapnya


Pemerintah menunjuk juru bicara Presidensi G20

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mengambil keputusan terkait usulan juru bicara untuk Presidensi G20.

"Hari ini, kami mengambil beberapa keputusan. Pertama, penunjukan usulan juru bicara," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya


Kesepakatan travel bubble, Indonesia izinkan warga Singapura masuk

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa warga negara Singapura bisa memasuki wilayah Indonesia karena ada kesepakatan travel bubble antara Batam-Bintan dengan Singapura.

"Travel bubble Batam-Bintan" ini telah diterbitkan SE Satgas tentang protokol kesehatan di mana pintu masuk PPLN untuk Travel Bubble Nongsa Sensation di Batam dan Terminal Ferry Bandar Bintan Telano,” kata Menko Airlangga dalam konferensi pers PPKM secara daring, Senin.

Baca selengkapnya


Kementerian PUPR berencana bangun tol bawah air di IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun tol bawah air di ibukota baru atau Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Bapak Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menginginkan bahwa teknologi yang kita pakai itu adalah teknologi yang terbaik, termasuk salah satunya adalah pemanfaatan terowongan penyeberangan bawah air atau submersible crossing," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dalam konferensi pers di Kementerian PUPR, Jakarta pada Senin.

Baca selengkapnya

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022