Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerja sama dengan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA guna meningkatkan kualitas mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, Meidyatama Suryodiningrat dengan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry  Banda Aceh, Dr. Saifullah Idris di Jakarta, Selasa(25/1).

“Kami menyampaikan penghargaan besar atas kedatangan dan niat baik melakukan kerjasama dalam upaya membangun generasi masa depan,” kata Dirut Perum LKBN ANTARA, Meidyatama Suryodiningrat.

Ia menjelaskan Kantor Berita Antara berumur lebih tua dari Republik Indonesia, tentunya memiliki kontribusi dalam pembentukan negara Indonesia khususnya dalam penyebaran informasi.

“Aceh dalam sejarahnya juga memiliki kontribusi besar dalam perjuangan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bahkan Republik Indonesia tidak akan ada tanpa keterlibatan Aceh di dalamnya,” katanya.

Meidyatama bersyukur atas perhatian dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh bahwa LKBN Antara tidak saja dipandang sebagai sebuah media yang terkait tentang pemerintah dan negara tapi juga sebuah institusi yang ikut dalam mendidik generasi masa depan dalam berbagai hal.

“Bidang tulis menulis atau jurnalistik merupakan suatu bidang yang sangat berarti bagi proses kognitif anak muda. Di sinilah kita berharap kerjasama ini akan mendorong generasi muda untuk dapat memahami jati diri bangsa khususnya jati diri Aceh melalui jurnalistik.

Dalam kesempatan tersebut Meidyatama turut didampingi Koordinator Biro Antara, M. Tohamaksum, Manajer Humas dan Administrasi Perusahaan, Agus Prasetyo, Manajer Humas dan Kemitraan, Arie Novarina dan tim Humas LKBN Antara.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. Saifullah Idris yang didampingi, Azman, Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam menyampaikan terima kasih atas penerimaan perwakilan dari UIN Ar-Raniry untuk melakukan kerjasama dengan Perum LKBN ANTARA.

“Salah satu fakultas yang bekerja dalam menjaga jati diri bangsa dan negara adalah Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang selama ini telah melakukan berbagai hal dalam bidang dan tupoksinya di bidang jurnalistik, sehingga banyak dari alumni-alumni yang berkiprah dihampir seluruh media yang ada di Aceh, baik di LKBN Antara Biro Aceh, maupun di media mesntream lainnya,” katanya.

Saifullah Idris menceritakan bahwa selama ini kerja sama telah terjadi dengan Kantor Berita Antara baik dalam pelatihan jurnalistik, pemagangan dan praktikum lapangan mahasiswa, termasuk berbagai pemberitaan kegiatan UIN Ar-Raniry Banda Aceh di dukung oleh LKBN Antara Biro Aceh, seperti kegiatan OASE yang telah berlangsung beberapa bulan yang lalu.

“Hasil dari penandatangan MoU tidak hanya terjadi di atas kertas namun akan ada realisasi dalam bentuk kegiatan bersama, oleh karena itu nantinya MoU ini akan dilanjutkan dengan penandatanganan memorandum of Agreement yang akan dilakukan oleh Dekan Fakultas Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Kepala Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Aceh,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan kekaguman akan ruang produksi berita Antara, beliau berharap akan banyak mahasiswa UIN Ar-Raniry bisa melakukan praktikum atau magang di ruang redaksi Antara

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022