Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (26/1), mulai dari pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Yalimo, Papua, sampai dorongan berbagai pihak meningkatkan keterwakilan perempuan dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Ketua KPU RI pantau PSU Yalimo
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, memantau langsung Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, Rabu.

Ilham Saputra tiba di Yalimo, Rabu pagi dengan menggunakan pesawat kecil.

Selengkapnya baca di sini.

2. PSU Kabupaten Yalimo berlangsung aman
Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Yalimo yang digelar di Yalimo, Papua, Rabu berlangsung aman.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal kepada Antara di Jayapura, Rabu menegaskan, dari hasil pemantauan di lapangan situasi kamtibmas selama pelaksanaan PSU berlangsung aman dan nampak masyarakat mendatangi TPS-TPS guna memberikan suaranya.

Selengkapnya baca di sini.

3. Perludem dorong DPR pastikan keterwakilan perempuan di KPU dan Bawaslu
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khoirunnisa Nur Agustyati, mendorong DPR, terutama Komisi II DPR, untuk memastikan keterwakilan perempuan sebagai anggota KPU dan Bawaslu periode 2022—2027.

“Kami mendorong komitmen anggota Komisi II DPR untuk menjaga dan memastikan keterwakilan minimal 30 persen perempuan dalam lembaga penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu," ujar Agustyati.

Selengkapnya baca di sini.

4. PSHK UII: Penunjukan pejabat jadi kepala daerah harus demokratis
Pusat Studi Hukum Konstitusi Universitas Islam Indonesia (PSHK UII) mengingatkan penunjukan ratusan pejabat sebagai kepala daerah untuk mengisi kekosongan jabatan pada 2022 dan 2023 harus dilakukan secara demokratis.

Oleh karena itu, pejabat yang akan menjadi kepala daerah tidak boleh terlalu lama menjabat, karena itu berpotensi mengurangi esensi demokrasi dan otonomi daerah, kata Direktur PSHK UII Allan F G Wardhana pada acara diskusi virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. MPI harap uji kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu berperspektif gender

Pegiat Pemilu Maju Perempuan Indonesia (MPI) Wahidah Suaib menyatakan pihaknya berharap materi uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU dan Bawaslu yang dipersiapkan DPR dan Komisi II DPR RI berperspektif gender.

"Harapan atau rekomendasi MPI untuk DPR dan Komisi II DPR RI dalam seleksi anggota KPU dan Bawaslu, yaitu memasukkan perspektif gender serta spirit pemilu inklusif dalam materi uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU dan Bawaslu," ujar Wahidah Suaib saat menjadi narasumber dalam diskusi virtual Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) bertajuk Memastikan Keterwakilan Perempuan Minimal 30% di KPU dan Bawaslu, dipantau dari Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022