Gianyar (ANTARA News) - Pengamat budaya dari Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Dr I Wayan Suarjaya, M.Si, menilai, banyak seni tari dalam aktivitas keagamaan di Bali pementasannya beralih fungsi menjadi seni hiburan.

"Padahal seni sakral itu sangat terkait dengan ruang, waktu, dan proses pementasannya sehingga benar-benar bernilai sakral," katanya dalam seminar nasional "Membangun Karakter Anak Bangsa Melahirkan Budaya" di Gianyar, kemarin.

Dalam makalah berjudul "Seni Tari Dalam Aktivitas Keagamaan dan Budaya Bali", dia memaparkan seni sakral sangat terkait dengan aktivitas keagamaan yang berfungsi saling melengkapi kegiatan ritual yang digelar umat Hindu.

Dengan demikian, tarian sakral tersebut akan mempunyai makna memberikan fibrasi dalam penyempurnaan kegiatan ritual, baik yang digelar masyarakat secara perorangan maupun dalam lingkungan desa adat (desa pekraman).

Sebaliknya seni tari itu bisa menjadi sakral dan bermakna, jika pementasannya didukung oleh pelaksanaan upacara keagamaan.

Wayan Suarjaya menambahkan, hal seperti itu sangat penting, mengingat kondisi saat ini antara sakral dan profan sangat berimpitan akibat di Bali secara konseptual setiap aktivitas seni atau kesenian seprofan apa pun selalu diawali dengan proses ritual.

"Jika ingin masih tetap menempatkan kesakralan sebuah kesenian adalah pada waktu pelaksanaan upacara di sebuah pura, sehingga warga lain termasuk wisatawan dapat menyaksikannya asal memenuhi aturan yang berlaku di tempat suci umat Hindu itu," kata Wayan Suarjaya.

Seni wali adalah seni sakral dan hanya dipentaskan pada upacara Dewa Yadnya di pura tertentu, Sementara seni bebali merupakan seni sakral yang dipentaskan pada saat upacara adat tertentu.

Sedangkan seni balih-balihan adalah seni hiburan yang bersifat sekuler. Dengan demikian seni merupakan hasil cipta, rasa dan karsa dalam menunjang kegiatan keagamaan di Pulau Dewata.

Aktivitas seni tidak bisa lepas dengan adat budaya dan agama Hindu yang dianur masyarakat setempat. Adat dan budaya mengkemas pelaksanaan aktivitas keagamaan, sehingga menambah kemantapan keyakinan umat.

"Adat, budaya, dan agama dalam kehidupan masyarakat Bali merupakan satu kesatuan, saling melengkapi dan saling isi mengisi dalam menentukan keberhasilan aktivitas keagamaan dan budaya di Bali," kata Wayan Suarjaya.
(T.I006/M038)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012