Dengan ini komisi VI DPR RI menyetujui usulan penambahan pagu anggaran yang diajukan Kemendag sebesar Rp680 miliar sehingga total anggaran menjadi sebesar Rp3,42 triliun,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Rapat Kerja Komisi VI DPR RI Aria Bima menyetujui penyesuaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Kementerian Perdagangan tahun 2013 bertambah 25,93 persen.

"Dengan ini komisi VI DPR RI menyetujui usulan penambahan pagu anggaran yang diajukan Kemendag sebesar Rp680 miliar sehingga total anggaran menjadi sebesar Rp3,42 triliun," kata Aria saat menutup rapat kerja DPR RI dengan Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan serta sejumlah lembaga di DPR RI, Jakarta, Rabu (19/9).

Dengan disetujuinya rencana anggaran tersebut, maka Kemendag tinggal menunggu persetujuan dari Badan Anggaran DPR RI.

Gita dalam rapat tersebut mengatakan penambahan alokasi anggaran sebesar Rp680 miliar berguna untuk membiayai tambahan revitalisasi pasar tradisional sebesar Rp500 miliar, bantuan sarana usaha perdagangan sebesar Rp20 miliar.

Selain itu penambahan anggaran juga akan digunakan untuk kampanye peningkatan produk dalam negeri sebesar Rp150 miliar dan survei pemanfaatan pasar yang telah dibangun sebesar Rp10 miliar.

Menteri mengatakan dalam RKP (Rencana Kerja Pemerintah) 2013, Kemendag memiliki empat fokus kegiatan antara lain peningkatan pertumbuhan ekspor non-migas serta peningkatan peran dan kemampun kementerian dalam diplomasi perdagangan internasional.

Poin ketiga yang difokuskan Kemendag dalam RKP 2013 adalah peningkatan daya tahan ekonomi terutama mengamankan dan mengembangkan pasar dalam negeri.

"Keempat adalah penguatan dan peningkatan kualitas organisasi dan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, serta penerapan sistem manajemen SDM," jelas Gita.
(B019/E001)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012