Selama ini sisa produksi daya listrik PT Meskom terbuang sia-sia setiap harinya. Dari pada terbuang lebih baik kita manfaatkan untuk menambah daya listrik di Bengkalis, sehingga akan meminimalisir pemadaman yang terjadi selama ini,"
Bengkalis (ANTARA News) - Sebuah perusahaan swasta di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau memberikan kelebihan daya listrik yang dimiliki untuk disalurkan kepada masyarakat setempat melalui PT PLN dalam mengatasi kekurangan listrik di daerah itu.

"PT Meskom Agro Sarimas memproduksi 2.500 MW listrik dan digunakan hanya 1.200 MW. Ada kelebihan daya setidaknya 1.000 MW yang bisa didistribusikan ke rumah tangga," kata manager PLN Rayon Bengkalis Adhy Prasetiawan di Bengkalis, Rabu.

Penyerahan kelebihan listrik tersebut akan diformalkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman antara PLN Rayon Bengkalis dengan PT Meskom Agro Sarimas di Kantor Bupati Bengkalis, Kamis, (23/5).

Dikatakan Adhy kerjasama bidang kelistrikan tersebut merupakan pemanfaatan excess power (daya lebih) dari hasil produksi PT Meskom disisi lain PLN kekurangan pasokan listrik untuk masyarakat dari pembangkit yang dimilikinya.

"Selama ini sisa produksi daya listrik PT Meskom terbuang sia-sia setiap harinya. Dari pada terbuang lebih baik kita manfaatkan untuk menambah daya listrik di Bengkalis, sehingga akan meminimalisir pemadaman yang terjadi selama ini," ujar Adhy yang sebelumnya manajer PLN Selat Panjang itu.

Kabag Humas Setdakab Bengkalis Andris Wasono mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung langkah karja sama antara PT Meskom dan PLN tersebut untuk pemenuhan listrik di daerah itu.

Selain itu dikatakannya, penambahan daya listrik sesuai komitmen bupati saat meresmikan kantor camat di Rupat dengan menyatakan pasokan listrik akan dioptimalkan 24 jam mengingat telah rampungnya proyek jaringan listrik bawah laut untuk Rupat.

"Dari komitmen bapak bupati ketika peresmian kantor camat, untuk Rupat kedepan listrik akan menyala 24 jam. Sedangkan Rupat Utara masih belum terlaksana karena masalah jaringan," ujarnya.

Pada acara tersebut dikatakan Andhy, akan hadir GM PLN wilayah Riau-Kepri dan pihak Dirut PT Meskom. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan menjadi fasilitator serta saksi pada penekanan kerja sama bidang kelistrikan tersebut. (KR-RST/M027)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013