Jakarta (ANTARA News) - Komisi XI DPR RI menyetujui usulan pemotongan anggaran Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sebesar Rp12,1 miliar.

"Komisi XI menyetujui usulan revisi pemotongan Rp12,1 miliar disertai catatan dari satu fraksi," kata Wakil Ketua Komisi XI Andi Timo Pangerang ketika memimpin Rapat Kerja dengan Bappenas di Jakarta, Kamis.

Hadir dalam rapat tersebut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana dan Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Lukita Dinasyah Tuwo beserta staff dan jajarannya.

Kementerian PPN/Bappenas termasuk dalam jajaran Kementerian Lembaga yang mengalami pemotongan anggaran total senilai Rp24,6 triliun yang dilakukan pemerintah, dalam rangka menjaga defisit anggaran.

Dalam rapat tersebut, Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengusulkan pemotongan anggaran sebesar Rp38,8 miliar dari pagu dalam APBN 2013 sebesar Rp1,05 triliun menjadi Rp1,01 triliun dalam RAPBN-Perubahan 2013.

Rincian pemotongan tersebut berasal dari program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lain Rp16,1 miliar, program peningkatan sarana dan prasarana aparatur Rp4,7 miliar, program pengawasan dan peningkatan akuntabilitas Rp500 juta dan program perencanaan pembangunan nasional Rp17,5 miliar.

"Pemotongan pagu anggaran dilakukan dengan cara menunda pembangunan gedung, efisiensi hasil pelelangan dan mengurangi pelaksanaan kegiatan seminar, workshop, rakor dan pelaksanaan kegiatan diluar kantor," kata Armida.

Namun Komisi XI hanya mengabulkan pemotongan sebesar Rp12,1 miliar yang terdiri atas efisiensi hasil pelelangan sebesar Rp7,41 miliar dan Rp4,7 miliar atas pembangunan gedung arsip yang masih bisa ditunda, karena adanya masalah perijinan terkait lahan.

Anggota Komisi XI dari Fraksi PDI-Perjuangan Dolfie Ofp sempat tidak menyetujui pemotongan anggaran untuk pembangunan gedung arsip sebesar Rp4,7 miliar karena dapat menganggu operasional Bappenas.

"Kami tidak setuju pemotongan yang dapat menganggu kinerja Bappenas," katanya.

Sementara anggota fraksi Partai Gerindra Sadar Subagyo tetap mendukung pemotongan anggaran sesuai dengan permintaan awal Bappenas yaitu sebesar Rp38,8 miliar.

Permintaan dari fraksi Gerindra ini menjadi minderheit nota atau nota keberatan yang dimasukkan dalam hasil rapat Komisi XI DPR dengan Bappenas.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013