... yang pertama kali dan sangat luar biasa... "
Kuta, Badung (ANTARA News) - Pangkalan Udara Ngurah Rai telah mengeluarkan notice to airmen (notam) kepada otoritas penerbangan menjelang pelaksanaan Bali Aero Sport Festival (BASF 2014) yang mulai digelar 21-23 Februari 2014.

"Semua tidak ada masalah karena area yang digunakan sudah dibuatkan notam itu," kata Komandan Lanud Ngurah Rai, Kolonel Pnb Sugiharto Prapto W, di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat.

Menurut dia, kawasan Pantai Legian hingga Seminyak yang digunakan sebagai areal pelaksanaan kegiatan olahraga udara itu telah diblok dari aktivitas penerbangan.

"Sudah diblok kawasan pantai Legian-Seminyak untuk dihindari karena ada Bali Aero Sport," ucapnya.

Dengan telah dikeluarkannya notam itu maka diharapkan aktivitas olahraga dan penerbangan di Bandar Udara Ngurah Rai yang cukup berdekatan dengan lokasi pertandingan tidak akan mengalami gangguan.

Ia menyatakan bahwa salah satu agenda dalam BASF 2014 itu antara lain kegiatan acro yakni paralayang terjun melalui helikopter.

"Itu akan menjadi yang pertama kali dan sangat luar biasa karena tidak seperti paralayang yang terjun dari tebing tetapi dari helikopter," ucapnya.

Rencananya acro akan diikuti peserta dari Australia.

Sementara Ketua Pelaksanan BASF 2014, Adi Dirhamsyah mengatakan, olahraga udara tersebut akan diikuti oleh ratusan peserta dari sejumlah negara.

"BASF kali ini akan menyelenggarakan kegiatan olahraga udara mulai paralayang, paramotor, terjun payung, gantolle, aeromodeling hingga ultralight dengan 100 peserta," ucapnya.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014