Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan pertemuan dengan tim transisi Jokowi-JK telah membahas persiapan kehadiran presiden terpilih Joko Widodo di berbagai forum ekonomi internasional, seusai dilantik pada Oktober 2014.

"Tidak lama lagi Pak Jokowi dilantik menjadi Presiden, beliau harus mengikuti sejumlah pertemuan internasional besar," katanya saat memberikan keterangan seusai menerima kedatangan tim transisi Jokowi-JK di Jakarta, Rabu.

Chairul yang didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dan Menteri Perdagangan M Lutfi mewakili pemerintah untuk bertemu perwakilan dari tim transisi untuk membahas beberapa isu terkini.

Perwakilan tim transisi yang hadir adalah Kepala Staf Kantor Transisi Jokowi-JK Rini Soemarno yang didampingi para Deputi Tim Transisi antara lain Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Akbar Faisal dan Eko Putro Sandjojo.

Chairul mengatakan sejumlah pertemuan internasional yang akan dihadiri oleh presiden terpilih adalah KTT APEC, KTT ASEAN dan Asia Timur serta forum G20, yang seluruhnya berlangsung pada periode Oktober dan November 2014.

"Ini banyak membahas permasalahan ekonomi di dalamnya. Kami membicarakan hal teknis lainnya agar persiapannya matang karena ini membawa wajah Indonesia di mata dunia. Dan Pak Jokowi harus betul-betul siap," ujarnya.

KTT APEC akan berlangsung di Beijing, Tiongkok pada Oktober 2014, sedangkan KTT ASEAN dan Asia Timur berlangsung di Myanmar pada November 2014, diikuti forum G20 yang diselenggarakan di Brisbane, Australia pada November 2014.

Pertemuan juga membahas hal-hal lainnya seperti percepatan pengajuan RAPBN-Perubahan 2015, rancangan pembangunan jangka menengah panjang, anggaran pendidikan dan kesehatan, serta masalah infrastruktur dan kelanjutan program MP3EI.

Kepala Staf Kantor Transisi Jokowi-JK Rini Soemarno memberikan apresiasi atas pembicaraan yang berlangsung konstruktif, dan mengharapkan proses transisi dari pemerintahan saat ini ke pemerintahan selanjutnya berjalan dengan baik.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan SBY yang memberikan perhatian penuh, agar transisi antarpemerintahan berjalan lancar. Kami berharap ada komunikasi lanjutan yang mendalam setelah adanya pemerintahan baru," ucapnya.

Tim transisi hadir di Kantor Menko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada pukul 09.30 WIB, dan meninggalkan tempat pada pukul 11.30 WIB, setelah melakukan pembicaraan dan diskusi hampir selama dua jam.

Pewarta: Satyagraha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014