Balikpapan (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan beserta istrinya, Ani Yudhoyono, menanam pohon ulin tanda peresmian bangunan pengembangan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Senin.

Terlihat Presiden Yudhoyono dan istri saling membantu saat menanam pohon ulin tersebut. "Semoga bermanfaat dan barokah," kata Presiden SBY.

Setelah menanam pohon ulin Ani Yudhoyono mengucapkan hal yang sama.

Dalam peresmian itu Presiden Yudhoyono didampingi Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Awang Faroek Ishak, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi dan Walikota Samarinda, Syaharie Jaang.

Presiden Yudhoyono juga meresmikan sejumlah proyek dalam Masterplan Percepatan Perluasa Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), dimana tujuh proyek di antaranya di Kaltim dan sepuluh lainnya di luar Kaltim.

Selanjutnya Presiden juga melakukan groundbreaking untuk Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan dan Institut Seni Budaya Indonesia di Kutai Kartanegara.

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan merupakan pengembangan bangunan empat lantai dengan luas mencapai 110.000 Meter Persegi dengan 11 garbarata.

Terminal baru tersebut mampu menampung hingga 10 juta penumpang per tahun, dimana kapasitas sebelumnya hanya 1,6 juta penumpang, namun penumpang di bandara itu sudah mencapai 6,4 juta penumpang per tahun.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014