Beasiswa ini diberikan kepada pelajar yang di keluarganya belum ada sarjana dimana pada 2014 sebanyak 78 orang mendapatkan kesempatan mengikuti program ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggagas program beasiswa pendidikan Satu Keluarga Satu Sarjana sebagai upaya memberikan kesempatan kepada pelajar tidak mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Beasiswa ini diberikan kepada pelajar yang di keluarganya belum ada sarjana dimana pada 2014 sebanyak 78 orang mendapatkan kesempatan mengikuti program ini," kata Ketua Baznas KH Didin Hafidhuddin di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan setiap penerima beasiswa akan dibiayai secara penuh dan diberikan uang saku sebesar Rp500 ribu setiap bulan.

Peserta diseleksi dari tujuh perguruan tinggi negeri dan selain diberikan beasiswa juga dilakukan pembinaan rutin tentang wawasan Keislaman dan zakat, kata dia.

Ia berharap melalui program ini akan semakin banyak pelajar di Indonesia yang dapat melanjutkan pendidikan hingga tingkat sarjana.

"Selama kuliah penerima beasiswa juga terus dievaluasi terkait dengan prestasi belajarnya dan diberikan motivasi," katanya.

Tidak hanya itu, peserta juga akan dibekali materi kuliah umum di Jakarta yang disampaikan oleh sejumlah pakar bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian yang kuat.

"Setelah lulus diharapkan penerima beasiswa memiliki kemampuan dan kemauan untuk menjadi penggerak sosial ekonomi masyarakat," kata dia.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014