Parigi, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Pusat layanan media untuk Sail Tomini 2015 sudah operasional dan siap digunakan awak media untuk membuat dan mengirimkan laporan-laporannya ke media masing-masing.

"Kami sudah operasional sejak Senin (20/4) dan buka mulai pukul 08.00 WITA hingga 22.00 WITA, setiap hari kerja," kata Sekretaris Dinas Perhubungan dan Kominfo Parigi, Moutong Muslimat, di Parigi, Sabtu.

Secara fisik, pusat layanan media it berupa ruangan berukuran sekitar 7 x 5 meter berpendingin udara dan dilengkapi tujuh unit komputer personal dan terhubung dengan internet speedy Telkom dengan kecepatan cukup tinggi.

"Di Kabupaten Parigi Moutong ini, tidak ada akses internet yang secepat milik kami di sini," ujar dia.

Sebutlah fasilitas standar internet, yaitu WiFi, hotspot, dan sebagainya, semuanya ada. 

Presiden Joko Widodo pada puncak Sail Tomini 2015, yaitu pada 19 September 2015. Berbagai acara telah disiapkan, di antaranya upacara HUT ke-70 Kemerdekaan Indonesia di pulau terluar, pelayaran lingkar nusantara V, reli kapal layar, dan bhakti kesejahteraan rakyat nusantara.

Juga lintas nusantara remaja dan kapal pemuda nusantara, ekspedisi riset kelautan, parade kapal perang dan kapal-kapal nelayan dan pentas-pentas seni dan budaya serta pameran daneminar.

Sail Tomini 2015 ini direncanakan akan diluncurkan secara resmi di Mall Epiwalk hotel Epicentrum Kuningan, Jakarta pada 5 Mei 2015 oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Pewarta: Rolex Malaha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015