Wina (ANTARA News) - Krisis keuangan yang melanda ekonomi global pada 2007 memulai era baru pertumbuhan rendah yang terus bertahan hari ini, Gubernur Bank Sentral Austria, National Bank of Austria (OeNB) Ewald Nowotny mengatakan pada Senin.

Perkiraan terbaru menunjukkan tidak ada mengejar ketinggalan ke tingkat pertumbuhan sebelum krisis, melainkan pemulihan yang lambat, Nowotny mengatakan dalam pidato konferensi ekonomi tahunan OeNB di Wina, lapor Xinhua.

Dia mengatakan pada saat ekonomi global telah dihadapkan dengan bertahannya kesenjangan produksi negatif, ditambah dengan tingkat pertumbuhan yang lebih rendah dalam jangka panjang.

Dalam rangka untuk kembali ke tingkat pertumbuhan produk domestik bruto tahunan pra-2007, yang sekitar 2,7 persen di Austria dan 3,1 persen di Amerika Serikat, kesenjangan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan yang hampir 15 persen harus ditutup.

Ini adalah sesuatu yang hanya akan mungkin jika tingkat pertumbuhan tetap secara signifikan di atas tren saat ini untuk beberapa tahun ke depan, kata Nowotny.

Dia mengatakan pemulihan lemah juga sebagian karena ketidakpastian perkembangan pertumbuhan ekonomi di masa depan, yang pada gilirannya menyebabkan rumah tangga mengambil tindakan pencegahan tabungan yang lebih tinggi dan perusahaan menunda investasi mereka.

Nowotny mengatakan ia mendukung pelonggaran kuantitatif oleh Bank Sentral Eropa (ECB), dimana ia juga duduk di dewan gubernur, dan menambahkan langkah-langkah ini telah menunjukkan "tanda-tanda pertama dari kesuksesan."

(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015