Jangan ada prasangka yang tidak baik, tetapi bagaimana mempersiapkan anak dengan baik sehingga mereka dapat berkonsentrasi untuk belajar, karena inilah masa depan yang sudah mereka pilih dan akan menjadi kebanggaan bagi orang tua."
Ambon (ANTARA News) - Sedikitnya 10 orang siswa di Kota Ambon, Maluku akan mengikuti pendidikan lanjutan di Surya Institut, setelah lolos seleksi program Generasi Indonesia Jaya untuk semua (Genius).

Dari 76 siswa yang mengikuti seleksi sebanyak 10 orang siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di Ambon akan mengikuti pendidikan lanjutan di Surya University.

10 siswa tersebut yakni Fiodory Leuwol (SDN 11), Haide Ivan Sauisa (SDN 3), Adellya Putri Setyaningsih (SDN Latihan 1), Sezi Wilsye Manuhutu (SDN 3), Bintang Aquila Asyari (SD Alfatah), Eleyda Hituahubessy (SDN 2), Mickhael R Djankan (SDN 45), Adzan Fathier Putra Lukman (SDN 28), Faiz Atsaal (SDN 28), dan Eric Falgano Christob Siwabessy (SDN 65).

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy pada acara pelepasan di Ambon, Kamsi, mengatakan, pemerintah melakukan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumberdaya siswa di Kota, upaya ini mulai terwujud dengan mengirimkan 10 siswa SD untuk mengikuti pendidikan lanjutan di Surya Institut.

"Kalian adalah duta Kota Ambon yang dikirim pemerintah untuk menempuh pendidikan di Jakarta. Tunjukan prestasi terbaik, saya yakin kalian bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia," katanya.

Menurut dia, kemampuan siswa di kota ini tidak kalah dengan kota lainnya, tetapi harus diakui fasilitas pendidikan jauh dibandingkan daerah lain, karena itu para siswa yang akan mengikuti pendidikan lanjutan diminta untuk belajar dengan giat.

Para orang tua, lanjutnya juga diminta mempersiapkan dan merelakan diri untuk berpisah dalam waktu yang cukup lama.

"Jangan ada prasangka yang tidak baik, tetapi bagaimana mempersiapkan anak dengan baik sehingga mereka dapat berkonsentrasi untuk belajar, karena inilah masa depan yang sudah mereka pilih dan akan menjadi kebanggaan bagi orang tua," tandasnya

Ia mengakui, pihaknya sangat berterima kasih kepada para orang tua menyiapkan anak untuk mengikuti pendidikan di Surya Institut.

"Jika program ini berhasil, maka tahun-tahun mendatang akan dilanjutkan bagi siswa lainnya di kota Ambon, sehingga semakin banyak siswa berprestasi yang akan meningkatkan kulaitas pendidikan di kota ini," kata Richard.

Kepala Dinas Pendidikan kota Ambon, Benny Kainama menyatakan, para siswa yang terpilih mengikuti pendidikan di Surya Institut telah melalui seleksi.

"Panitia seleksi juga datang dari Surya Institut, karena itu jangan ada prasangka siswa yang akan mengikuti pendidikan merupakan orang dekat pejabat, tetapi kemampuan yang dimiliki serta mereka mampu bersaing dengan siswa dengan daerah lain," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015