Jakarta (ANTARA News) - Mal online Tokopedia bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat menggelar program bertajuk 'Kurban via Tokopedia' untuk menyambut Idul Adha yang akan jatuh pada 24 September mendatang.

“Kami ingin mengajak masyarakat berbagi kepada sesama yang membutuhkan dengan berkurban melalui Tokopedia,” kata Siti Fauziah (Puji), PR Executive Tokopedia, dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Kini masyakarat bisa membeli hewan kurban secara online melalui tokopedia.com/dompetdhuafa atau tokopedia.com/rumahzakat.

Puji mengatakan bahwa kurban yang dibeli melalui dua toko online tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dompet Dhuafa sendiri menyelenggarakan program Tebar Hewan Kurban atau THK. “Melalui program ini, kami menyediakan dua jenis hewan kurban, yaitu kambing dan sapi, yang bisa dibeli kapan saja oleh pengguna Tokopedia,” ujar Yuli Pujihardi, Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa.

Dia juga menjelaskan bahwa hewan kurban yang berhasil terjual akan didistribusikan ke daerah kantong-kantong kemiskinan di seluruh pelosok Indonesia.

Sementara itu, Rumah Zakat melalui program Superqurban, menyediakan tiga pilihan kurban, antara lain kambing, 1/7 sapi dan sapi utuh.

Seluruh hewan kurban yang dibeli oleh pengguna Tokopedia nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk kornet daging kurban yang sudah diproses secara higienis dan tahan hingga tiga tahun.

“Selain merchandise eksklusif dari Tokopedia, Toppers (pengguna Tokopedia) yang berkurban melalui Rumah Zakat juga akan menerima enam kaleng kaleng kornet Superqurban sebagai bentuk ucapan terima kasih," kata Nur Efendi, CEO Rumah Zakat.

Lebih lanjut, Puji mengatakan bahwa pengguna yang berkurban melalui Tokopedia tidak akan dikenakan ongkos kirim.

"Ongkos kirim yang pembeli bayarkan akan otomatis dikembalikan ke Saldo Tokopedia pembeli yang bersangkutan,” ujar dia.

“Kurban via Tokopedia merupakan sebuah program yang berangkat dari visi kami, yaitu membangun Indonesia yang lebih baik melalui internet,” tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015