Muara Teweh, (ANTARA News) - Polres Barito Utara, Kalimantan Tengah meluncurkan aplikasi Sigap untuk menerima laporan dari masyarakat terkait situasi keamanan dan ketertiban lingkungan warga.

"Dalam pelaksanaannya, petugas kepolisian standby alias berjaga 24 jam nonstop memantau situasi kambtimas di daerah ini," kata Kabag Operasi Polres Barito Utara, Kompol RAS Yudhapatie kepada wartawan di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Yudhapatie bahwa pelayanan kepolisian kepada masyarakat melalui aplikasi Sigap ini tidak terbatas waktu.

Dalam artian, kata dia, setiap pengguna aplikasi Sigap ini dapat segera mendapatkan bantuan dari anggota polisi terdekat jika memerlukan bantuan dan menggunakan tombol panik di dalam aplikasi tersebut.

"Saat tombol panik dipencet sebanyak tiga kali, operator akan menyambungkan ke petugas kepolisian terdekat. Jadi dalam command center ini terlihat pengguna aplikasi berada dimana dan anggota terdekat dari lokasi segera meluncur," katanya.

Dia mengatakan di setiap kendaraan bermotor patroli milik Polres Barito Utara terhubung dengan Global Positioning System (GPS). Sehingga dapat terpantau di layar monitor Command Center.

Petugas operator command centre pun senantiasa sigap melayani laporan dari masyarakat yang memerlukan bantuan.

"Jadi seluruh layanan di aplikasi Sigap ini terpantau di Command Centre. Kedepannya kita mengharapkan dan tidak menutup kemungkinan dapat disingkronkan dengan pelayanan seperti ambulans dan damkar," kata dia.

Dalam aplikasi Sigap ini ada fitur-fitur yang tentunya sangat mudah digunakan masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan pelayanan Polres Barito Utara seperti SIM,SKCK,SP2HP dan Polres Barito Utara merupakan satu-satunya Polres se-Kalteng yang menerapkan.

Terkait dengan SP2HP online atau Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan, kata dia, untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tanggap untuk memberikan penjelasan kepada korban atau pelapor. "Sampai sejauh mana laporan dari korban ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian," kata Yudhapatie.

Aplikasi Sigap ini juga terkoneksi di website Polres Barito Utara yang sebelumnya juga sudah diluncurkan yakni www.polresbaritoutara.com, di portal ini ada banyak di update berita dan informasi penting seputar daerah ini, Kalimantan Tengah yang tentunya bermanfaat untuk dibaca.

Pewarta: Kasriadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017