Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengungkapkan bahwa kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang terus gencar dilaksanakan MPR RI di berbagai daerah dengan target peserta berbagai elemen masyarakat Indonesia sesuai dengan amanah UU No.17 tahun 2014 tentang MD3, ternyata menghasilkan dampak positif yang besar di tengah masyarakat yakni munculnya gairah dan semangat generasi muda untuk kembali mempelajari konstitusi.

Salah satu metode Sosialisasi yakni Lomba Cerdas Cermat MPR RI tingkat SLTA Provinsi dan Nasional ternyata banyak melahirkan para hafiz dan hafizah konstitusi atau para penghafal konstitusi.

Hal tersebut diungkapkan HNW di hadapan sekitar 300 kader Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) kota Bekasi peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta,  Jumat (10/11).

“Ternyata materi yang diberikan dalam LCC MPR tersebut yakni seputar Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 sangat disukai pelajar kita. Alhamdulillah jika dalam Islam kita memiliki hafiz dan hafizah AlQuran dan hadist, dalam konteks Indonesia melalui LCC Empat Pilar MPR, bangsa ini memiliki banyak ‘hafiz dan hafizah’ konstitusi.  Para pelajar SLTA dari berbagai wilayah Indonesia sangat hafal mulai dari huruf awal hingga terakhir bunyi UUD kita. Ini luarbiasa,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Pimpinan Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga berbicara soal hubungan saling melengkapi antara Islam dan negara, antara Islam dan Pancasila.  Hubungan tersebut sangat jelas dan merupakan fakta.  Peran dan kiprah umat Islam serta ulama dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah salah satu yang utama.

“Umat Islam dan para ulama kita telah mewariskan kemerdekaan ini melalui peran dan kiprah mereka sehingga sudah sangat sewajarnya kita umat Islam sekarang terutama para ulama, ustadz dan ustadzahnya berada pada garda terdepan dalam menyelamatkan Islam dan Indonesia dari disalahpahami dan kesalahpahaman selama ini tentang Islam,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana BKMT Ustadzah Atifah Hasan sangat mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dilaksanakan kepada berbagai elemen masyarakat di seluruh Indonesia.

“Kami sangat berterimakasih diberi kesempatan menjadi peserta sosialisasi.  Pemahaman seputar Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan pengetahuan kami lebih mendalam terhadap negara dan bangsa,” ujarnya.

Acara Sosialisasi sendiri berlangsung selama setengah hari dengan dihadiri Mustafa Kamal anggota MPR Fraksi PKS yang juga didaulat sebagai salah satu narasumber sosialisasi.

Pewarta: System
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017