Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita kemarin (18/12) yang masih layak Anda simak hari ini:

Presiden Joko Widodo menyebut peluang dana dari ekonomi digital di Indonesia bisa mencapai 130 miliar dolar Amerika Serikat dalam lima tahun ke depan.
Jokowi mendorong lebih banyak generasi muda Indonesia untuk memasuki bidang ini meskipun merintis usaha tidaklah mudah, namun terpenting mengubah paradigma setelah menyelesaikan pendidikan tinggi.

"Secepat-cepatnya masuk, memang memulai usaha itu tidak mudah. Yang paling penting mengubah paradigma, setelah kuliah mau apa jangan sampai semua mau jadi pegawai," kata Jokowi.
Ia mengharapkan anak-anak muda Indonesia menjadikan entrepreneur bukan sebagai keterbatasan melainkan sebagai pilihan, apalagi saat ini adalah zaman kebebasan berinteraksi dan berekspresi tanpa batas.

Ketua PP Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K), berharap Presiden Joko Widodo turun tangan mengatasi Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri dengan turut mencanangkan imunisasi ulang.

"ORI ini harus dimulai kepala negara. Kalau dimulai kepala negara, enam bulan bisa selesai," kata Pulungan, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin.
Dia mencontohkan imunisasi measless rubella yang turut serta dilaksanakan oleh Presiden, dan penanganan vaksin palsu yang diinstruksikan langsung Jokowi bisa berjalan dan diselesaikan dengan cepat.

Oleh karena itu, dia mengharapkan Jokowi berperan serta dalam program imunisasi ulang difteri supaya pelaksanan berjalan secara cepat.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginformasikan bahwa terdakwa perkara tindak pidana korupsi KTP-elektronik (KTP-e) Setya Novanto sempat mengeluh batuk.
"Ada keluhan obat dan kemudian sudah diberikan obat," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Senin.

Saat ini, Novanto ditahan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang Rutan KPK yang berlokasi di Gedung Penunjang Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, kata Febri, Novanto sempat meminta untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan setelah dilakukan pemeriksaan ada sakit yang disampaikan, yaitu keluhan batuk.

KPK pun mengharapkan Novanto dalam keadaan sehat dan dapat mengikuti sidang selanjutnya dengan agenda pembacaan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta pada Rabu (20/12).

Dewan Keamanan PBB pada Senin melakukan pemungutan suara tentang rancangan resolusi penolakan keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, ungkap diplomat, Minggu waktu setempat.

Beberapa diplomat mengatakan mereka memperkirakan AS akan menggunakan hak vetonya untuk memblokir langkah itu, tetapi sebagian besar dari 14 anggota lain diperkirakan akan mendukung rancangan resolusi tersebut.

Dewan tersebut menggelar pertemuan tertutup pada Senin untuk mendiskusikan rancangan resolusi sebelum pemungutan suara.

Salah satu personel boygroup SHINee, Jonghyun dikabarkan meninggal dunia di apartemennya, kawasan Cheongdam-Dong, Seoul, pada pukul 18.30 waktu Korea.
Pihak kepolisian menyatakan penyanyi berusia 27 tahun itu awalnya ditemukan terbaring dan tak sadarkan diri setengah jam sebelumnya karena keracunan zat karbon monoksida di salah satu ruangan apartemennya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017