Polisi dan BRI cek ATM antisipasi skimming

id pembobolan rekening bank,kejahatan skimming

Polisi dan BRI cek ATM antisipasi skimming

Petugas gabungan dari Polres Blitar Kota dan Kantor Cabang BRI memeriksa kondisi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Blitar, Jawa Timur, Kamis (22/3/2018). Patroli gabungan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi pencurian data nasabah perbankan melalui alat pemindai (skimmer) yang dipasang di mesin-mesin ATM. (ANTARA FOTO/Irfan Anshori)

Blitar (ANTARA News) - Petugas gabungan dari Kepolisian Resor Kota Blitar, Jawa Timur bersama tim IT PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) berpatroli ke lokasi mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di daerah itu dalam upaya mengantisipasi kejahatan perbankan, seperti skimming.

"Kami mengantisipasi adanya tindakan seperti di tempat lain, dengan mengambil langkah awal pengecekan di ATM wilayah Blitar," kata Kepala Satuan Sabhara Polresta Blitar AKP Wahono di Blitar, Kamis.

Ia mengatakan, pengecekan mesin ATM itu penting dilakukan, demi mencegah terjadinya kejadian kejahatan kepada nasabah bank melalui penyadapan data di mesin ATM (skimming). Polisi memastikan di ruangan ATM tidak ada benda mencurigakan serta aman.

Sementara itu, tim IT PT BRI Kantor Cabang Blitar Mohamad Samsul Ma`arif menambahkan bahwa BRI rutin mengecek ATM. Biasanya, yang dicek adalah kamera, demi mencegah terjadinya skimming. Petugas memastikan mesin ATM aman dari upaya penyadapan data nasabah.

Biasanya, alat skimmer dipasang di lubnag tempat kartu ATM dan di sekitar keyboard mesin ATM. Alat skimmer itu untuk menyalin nomor PIN nasabah.

Ia juga meminta agar nasabah lebih waspada ketika berada di ATM.

"Imbauan seluruh nasabah lebih waspada di mesin ATM. Bisa pengecekan, jika ada barang yang mencurigakan lapor ke bank terdekat atau polisi," kata Samsul.

Pewarta : Destyan H. Sujarwoko
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar