Jakarta (ANTARA News) - Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo mengatakan negara akan kuat jika segenap bangsa Indonesia, khususnya generasi muda, senantiasa memiliki jiwa optimistis dalam menghadapi kompetisi global.

"Indonesia kuat jika kita semua optimistis. Indonesia ini negara yang optimistis," kata Gatot Nurmantyo saat hadir sebagai pembicara dalam acara Urun Rembuk Kebangsaan yang digagas Nusantara Foundation, di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu.

Dalam acara bertema "Membangun Optimisme Masa Depan Indonesia, Dalam Perspektif Nasional dan Global" itu Gatot mengatakan bahwa ia diundang untuk memberikan pandangan-pandangan terkait upaya membangun optimisme dalam menatap masa depan Indonesia.

Gatot mengatakan generasi millenial atau generasi menunduk (karena kerap menunduk memainkan telepon genggam), adalah modal bangsa dalam menghadapi kompetisi global secara optimistis.

Sebab generasi millenial memiliki sejumlah kelebihan antara lain, bisa berkoneksi atau terhubung setiap saat dengan orang-orang di berbagai belahan dunia melalui jaringan internet, memiliki kreativitas yakni dapat mengekspresikan bakat dan kemampuan semaksimal mungkin serta memiliki kepercayaan diri yang luar biasa.

"Generasi millenial ini modal kita, dengan catatan generasi millenial harus mempunyai wawasan kebangsaan, harus memiliki mimpi besar," ujar Gatot.

Pendiri Nusantara foundation Imam Shamsi Ali berharap bangsa Indonesia tidak pernah kehilangan rasa percaya dirinya dalam menghadapi kompetisi global. Menurut dia, Indonesia memiliki kualitas sumber daya manusia yang lebih baik dari bangsa-bangsa lain.

Baca juga: Prabowo-Gatot duduk berdampingan di HUT Kopassus

Baca juga: Kader Golkar DIY dorong Jokowi gandeng Gatot

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018