Jambi, (ANTARA News) - Ketua Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Provinsi Jambi, Roida Pane mengatakan peringatan Hari Buruh 1 Mei atau "may day" di daerah itu akan diperingati dengan kegiatan bakti sosial dan diskusi publik.

Dihubungi Antara di Jambi, Senin, Roida mengatakan peringatan "may day" 2018 dipusatkan di aula Kantor Lembaga Penyiaran Publik RRI Jambi, Selasa (1/5) pagi.

"Kita akan menggelar bakti sosial seperti pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, sunatan massal dan lomba mewarnai anak," katanya.

Dikatakannya, Hari Buruh 1 Mei di Jambi sejak beberapa tahun memang tidak digelar dengan aksi turun ke jalan. Dan kali ini selain bakti sosial juga akan digelar diskusi publik tentang upah pekerja namun tidak ada tuntutan.

Dimana dalam diskusi publik di gedung RRI tersebut, KSBSI mengundang Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pihak terkait lainnya.

"Diskusi publik kata juga dihadiri perwakilan KSBSI beberapa kabupaten di Jambi," katanya.

Selain itu, beberapa kabupaten di Jambi katanya juga akan menggelar kegiatan bakti sosial dalam memperingati hari Buruh tersebut.

Seperti diketahui, pada peringatan Hari Buruh 2017 lalu, KSBSI Jambi juga memperingati dengan kegiatan sosial dan memberikan penghargaan kepada Bupati Tanjungjabung Barat, karena kabupaten itu konsisten dalam menerapkan upah minimun kabupaten (UMK).

KSBSI berharap kegiatan yang telah dibuat Kabupaten Tanjungjabung Barat dapat diikuti daerah lainnya. Sebab di Provinsi Jambi baru Tanjungjabung Barat dan Kota Jambi yang menerapkan UMK tersebu

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018