Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memulai penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk hujan buatan di Sumatera Selatan (Sumsel) guna mengamankan penyelenggaraan Asian Games 2018 dari bencana asap.

"Besok ada Apel di Sumatera Selatan, termasuk BPPT ikut, dan akan mulai melakukan TMC untuk hujan buatan. Kita basahi dulu gambut-gambutnya pada Mei dan Juni, karena BMKG juga sudah mengeluarkan informasi kalau bulan Mei 2018 sudah masuk musim kering," kata Sestama BNPB Dody Ruswandi di gathering Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca di BPPT, Jakarta, Selasa.

Ini menjadi bagian kesiapan khusus untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) guna mengamankan Asian Games 2018 dari bencana asap. Kesiapsiagaan ini berlaku untuk tiga provinsi di Sumatera, yakni Sumsel, Riau dan Jambi.

Rapat koordinasi mengantisipasi bencana asap selama Asian Games ini, menurut dia, akan juga terus dilakukan di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK) yang menyertakan seluruh pemangku kepentingan termasuk dengan BNPB, BPPT, Badan Restorasi Gambut (BRG).

Saat pembasahan gambut dengan menurunkan hujan di Sumsel dengan TMC berhasil, ia mengatakan tentu BRG juga bergerak memastikan air tidak hilang begitu saja dengan membangun sekal kanal di area gambut.

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan saat ini waktu yang tepat untuk melakukan pembasahan karena masih ada awan yang bisa disemai untuk hujan buatan dengan TMC yang sudah dikembangkan BPPT.

"Kita percepat saja turunnya hujan, mulai dari sekarang, karena sekarang masih ada awan sehingga lebih mudah hasilkan hujan. Kalau memang terlihat ada potensi hujan, jatuhkan saja dulu lebih cepat, yang penting lahannya bisa basah lebih dulu," lanjutnya.

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT Tri Handoko Seto mengatakan pihaknya menggunakan satu pesawat untuk melakukan TMC di 2018 ini. Penerapannya akan dilakukan untuk membasahi Sumsel lebih dulu karena menjadi lokasi pelaksanaan Asian Games.

Selanjutnya, menurut dia, BPPT akan melihat hasil dan kondisi di lapangan. Tidak menutup kemungkinan TMC juga akan dilakukan di Jambi dan Riau guna mencegah karhutla di sana yang bisa mengekspor asap ke Sumsel.

"Begitu Sumsel sudah cukup basah, kita selesaikan juga yang di Jambi dan Riau, jangan sampai ada kebakaran yang asapnya sampai masuk ke Sumsel. Metode TMC yang kita gunakan masih sama, tapi operasi di lapangan sudah memanfaatkan data survei terintegrasi hasil kerja sama BPPT dengan berbagai pihak termasuk swasta yang sama-sama memantau juga level air gambut," ujar dia.

Baca juga: BPPT gunakan drone untuk hujan buatan
Baca juga: BPPT mulai operasi modifikasi cuaca di Riau

Pewarta: Virna Puspa S
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018