Solok Selatan itu memiliki banyak potensi wisata, namun selama ini kurang fokus dalam pengembangannya
Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, diminta lebih fokus mengembangkan sektor pariwisata sebagai upaya menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke daerah itu.

"Solok Selatan itu memiliki banyak potensi wisata, namun selama ini kurang fokus dalam pengembangannya sehingga harapan lebih banyak dikunjungi wisatawan ke daerah ini bisa terwujud, " kata Ketua DPRD setempat Sidik Ilyas di Padang, Senin.

Solok Selatan yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi memiliki sejumlah objek wisata andalan seperti kawasan Saribu Rumah Gadang, wahana air "Hot Waterboom", pendakian Gunung Kerinci dan Gua Batu Kapal.

Kurang fokusnya pemkab dalam mengembangkan sektor pariwisata, dilihat dari penganggaran yang kurang memadai.

"Kalau memang kita sudah komit memajukan sektor pariwisata, maka anggaran yang dialokasikan juga harus memadai untuk membangun berbagai infrastruktur. Jangan sampai, wisatawan yang datang, kemudian pulang dengan membawa kesan kecewa karena infrastruktur kurang memadai," kata Sidik.

Padahal DPRD mendukung penuh pengembangan sektor pariwisata sebab selain akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) juga akan membuka lebih banyak lapangan kerja kepada masyarakat khususnya Solok Selatan.

Selain itu, Sidik juga berharap pemerintah pusat mempercepat pengembangan jalan nasional Solok-Kerinci, Jambi, yang saat ini kondisinya sempit dan rusak, bahkan di beberapa lokasi kerusakannya cukup parah.

Jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Solok dengan Solok Selatan sepanjang sekitar 126 kilometer itu saat ini memiliki lebar berkisar lima meter. Idealnya lebar jalan nasional itu minimal delapan meter, sehingga memperlancar arus transportasi ke Solok Selatan.

"Kecilnya ruas jalan juga menjadi salah satu kendala untuk memajukan sektor wisata Solok Selatan. Masalah jalan ini kami juga berharap perhatian serius pemerintah pusat sebab itu jalan nasional," katanya.

Baca juga: Solok Selatan gelar lomba memasak pangek pisang
 

Pewarta: Azhari
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018