SMN Malut belajar membatik di perkampungan Jambi

id bumn hadir

SMN Malut belajar membatik di perkampungan Jambi

Jambi, 16/8 (ANTARA News)- Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku Utara belajar membatik di kawasan perkampapungan rumah batik di Kelurahan Ulu Gedong, Kecamatan Danau Teluk, Seberang Kota Jambi, Kamis (16/8).. foto Gresia P

Jambi, 16/8 (ANTARA News)- Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku Utara belajar membatik di kawasan perkampapungan rumah batik di Kelurahan Ulu Gedong, Kecamatan Danau Teluk, Seberang Kota Jambi, Kamis (16/8)..

Puluhan peserta SMN asal wilayah timur Indonesia itu tampak antusias dengan mendengarkan penjelasan tentang rangkaian proses membatik dan penjelasan berbagai motif batik yang menjadi unggulan di Jambi.

"Di Maluku Utara juga ada batik, tapi motifnya beda dengan Jambi. Jadi setelah saya melihat tadi menjadi lebih banyak pengetahuan lagi tentang motif-motif batik," kata salah seorang peserta SMN asal Maluku Utara, Fandi.

Proses belajar membatik tersebut dilakukan di Rumah Batik Diana yang terletak di RT 05 Kelurahan Ulu Gedong, Kecamatan Dabau Teluk, Seberang Kota Jambi, yang merupakan rumah batik yang menjadi mitra binaan PT Perkebunan Nusantara VI (Persero).

Dalam kunjungan pengenalan budaya itu pun dimanfaatkan sejumlah peserta yang mengabadikan momentum tersebut dengan membuat video blog.

"Bagus ini kita buat vlog membatik, ayo-ayo," kata Fandi kepada seorang temannya itu.

Selain belajar membatik, para peserta SMN itu disuguhkan pemandangan rumah-rumah panggung yang menjadi ciri khas di daerah itu.

Disamping itu di Rumah Batik Diana, mereka juga menikmati kuliner kue padamaran dan kerupuk panggang yang menjadi kuliner khas daerah setempat.

Program SMN atau pertukaran pelajar yang menjadi salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tersebut telah memasuki tahun keempat.

Pada tahun ini PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 selaku pelaksana BHUN 2018 di Jambi melaksanakan program tersebut dengan mengirimkan peserta SMN asal Jambi ke Maluku Utara dan sekitarnya.

Pewarta : Syarif Abdullah
Editor: Jaka Sugiyanta
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar