Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menginstruksikan adanya percepatan pemenuhan kebutuhan dasar bagi pengungsi korban banjir bandang di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

"Upaya yang dilakukan di antaranya berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur. Tim gabungan ini turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan kaji cepat kebutuhan dasar pengungsi, mendirikan dapur umum dan juga layanan dukungan psikososial," katanya di Jakarta, Kamis. 

Agus mengatakan untuk membantu Tagana Tasikmalaya dan Cianjur, sejumlah personil Tagana dari Provinsi Jawa Barat juga dikerahkan sekaligus untuk membantu distribusi bantuan logistik. 

Untuk tahap awal, Kementerian Sosial telah menyalurkan logistik tanggap darurat (bufferstock) berupa peralatan evakuasi, paket keluarga dan permakanan dari Gudang Pusat di Bekasi ke Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. 

Bantuan logistik penanggulangan bencana untuk Kabupaten Tasikmalaya berupa beras 2.000 kg, tenda serbaguna keluarga 5 unit, tenda gulung 650 lembar, velbed 325 unit, kasur 300 unit, paket sandang 40 paket, selimut 20 lembar, family kit 250 paket, kids ware 250 paket, food ware 150 paket, makanan anak 350 paket, mi cepat saji 6.000 bungkus dan matras gulung 100 lembar. 

Total bantuan logistik penanggulangan bencana untuk Kabupaten Tasikmalaya adalah Rp853.855.750. 

Hujan deras mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya sejak Selasa (6/11) lalu menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di tiga kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat.

Di Kecamatan Cipatujah banjir terjadi di Desa Ciheras dan Desa Ciandum, di Kecamatan Karangnunggal banjir terjadi di Desa Cikupa dan Desa Ciawi, sementara di Kecamatan Culamega banjir menggenangi wilayah Desa Cikuya. 

Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi pukul 02.00 WIB itu mengakibatkan enam orang meninggal dunia serta sejumlah warga mengungsi di tenda pengungsian.

Sementara itu di Kabupaten Cianjur, bencana banjir di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat terjadi pada hari yang sama (Selasa, 6/11) pukul 06.00 WIB.

Banjir terjadi akibat luapan Sungai Cisokan dan menggenangi Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Agrabinta. Sebanyak 208 jiwa mengungsi dalam kejadian bencana tersebut.

Untuk Cianjur, lanjut Menteri, Kemensos telah menyalurkan bantuan bagi korban banjir di Kabupaten Cianjur senilai Rp166,5 juta berupa tenda gulung 75 lembar, kasur 75 lembar, velbed 75 set, foodware 50 paket, family kit 50 paket, kid ware 50 paket, makanan anak 100 paket dan mi cepat saji 1.000 bungkus.

Baca juga: Tujuh daerah di Jabar banjir
Baca juga: BENCANA BANJIR - Puluhan rumah di Karawang terendam

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018