Medan (ANTARA News) - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto meresmikan pembentukan tiga Polsub Sektor dibawah naungan Polres Nias, untuk pelayanan dan keamanan masyarakat.

Ketiga Polsub Sektor itu, yakni Mako Polsub Sektor Latu, Mako Polsub Sektor Afulu, dan Mako Polsub Sektor Ehoshakozi.

Peresmian Sub Sektor tersebut, dilakukan penandatanganan prasasti di rumah Bupati Nias Sokhiatulo, di Kota Gunung Sitoli, Jumat (9/11), disaksikan warga masyarakat dan Wali kota Gunung Sitoli Lakhomi Zalo, Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, dan Bupati Nias Utara Ingati Nazara.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, dalam sambutannya mengatakan dibentuknya tiga sub sektor itu, mengingat wilayah Polres Nias sangat luas.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas keinginan empat kepala daerah, yaitu Gunung Sitoli, Nias Barat, Nias Utara dan Nias yang menginginkan terbentuk Polres pemekaran dari Polres Nias.

Hal itu, ditandai dengan pemberian hibah tanah kepada Polda Sumut.

Agus menjelaskan, pembentukan Polres pemekaran dapat cepat terwujud, jika pemerintah setempat sudah mendirikan dahulu bangunan dan fasilitas lainnya.Dan mengenai kekurangan akan dipenuhi selanjutnya.

"Pada hari ini, hibah tanah sudah diberikan ke Polri melalui Polda Sumut, atas nama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, saya ucapkan terima kasih," ucap jenderal bintang dua itu.

Kapolda juga menjawab permintaan Bupati Nias Sokhiatulo agar didirikan Markas Brimob di Kepulauan Nias.

"Diadakannya Markas Brimob di Kepulauan Nias sangat perlu dan tepat.Melihat luasnya wilayah tersebut, harus menyeberang lautan kalau pengiriman dari Medan, hal itu sudah direncanakan, yang penting fasilitasnya dulu dipenuhi," kata Kapolda Sumut itu.

Sementara itu, Bupati Nias Sokhiatulo mengatakan, banyak pejabat negara dan pemerintah yang berkunjung ke Kepulauan Nias.

Namun, mereka hanya datang dan pergi selama satu hari.Tetapi Kapolda Sumut dalam kunjungan kerjanya ke Nias dilakukan selama lima hari.

"Saya salut sama Pak Agus, kunjungan kerjanya lama di Kepulauan Nias.Apalagi sampai melakukan uji nyali menerjang ombak dan badai untuk sampai ke Pulau Telo," kata Bupati Nias itu.

Selain itu, jelas Bupati Nias, siap untuk menyukseskan Pilpres dan Pileg, serta membantu tugas Polri dalam menciptakan situasi aman, damai, dan kondusif di Sumut.

Baca juga: Kapolda Sumut imbau mahasiswa tertib bila berdemo
Baca juga: Kapolda Sumut besuk Kapolsek Parongil korban penikaman
Baca juga: Kapolda beri penghargaan personel ungkap pembunuhan sekeluarga

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018