Usung "Jawa Dulu, Kini, Esok"" FIB UI rayakan Dies Natalis ke-78

id Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI),usung budaya Jawa Dulu Kini Esok,peringati Dies Natalies ke-79

Usung

Ketua MPR Zulkifli Hasan (kanan) dan Ki Mantheb Sudarsono pada peringatan syukuran seabad Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, di alun-alun setempat, Selasa (7/11/2017). Pada kesempatan tersebut, Zulkifli menyampaikan terima kasih kepada pada pegiat kebudayaan, khususnya dalang, yang telah menjaga kelestarian wayang dari maraknya inflitrasi budaya asing. (Humas MPR / handout)

Depok, Jabar (ANTARA News) - Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) akan merayakan Dies Natalis ke-78 pada Selasa (4/12) dengan mengangkat tema `Jawa Dulu, Kini, dan Esok`.

"Perayaan puncak Dies Natalis FIB UI ini diselenggarakan di Auditorium Gedung IX FIB UI, Kampus UI Depok," kata Kepala Humas FIB UI Chysanti Arumsari di kampus UI Depok, Jawa Barat, Minggu.

Pada perayaan puncak Dies Natalis, mewakili subtema "Jawa Dulu", akan ditampilkan tari jawa oleh Dr  Karsono H  Saputra. Subtema "Jawa Kini" akan menampilkan penyanyi  Leona, "jebolan"  The Voice Indonesia, dan subtema "Jawa Esok"  menampilkan Endah Laras, yang akan berkolaborasi dengan tim musik dari Program Studi Sastra Jawa FIB UI.

Orasi Ilmiah akan disampaikan Prof  Dr  Peter Carey (Adjunct Professor Departemen Sejarah FIB UI) dengan topik "The Java War 11825-0000: How The Memory of Diponegoro Became The Inspiration for The Modern Indonesian Nationalist Movement (1908-1942)".

Selain itu, peragaan busana karya desainer Inaz Nazlia dan pertunjukan musik oleh "Hamba Allah"  akan turut memeriahkan acara.

Rangkaian acara pendukung Dies Natalis FIB UI telah berlangsung sejak 1 November 2018 sampai dengan 7 Desember 2018.

Chysanti menjelaskan budaya Jawa merupakan salah satu budaya daerah yang memiliki sejarah panjang, yang pada 2018 diangkat menjadi tema perayaan hari jadi FIB UI.
 

Di tengah perkembangan zaman yang pesat, dengan perkembangan budaya asing yang mudah ditemui di tengah masyarakat Indonesia, maka pelestarian budaya daerah menjadi tantangan bagi semua pihak, tidak terkecuali akademisi.

Oleh sebab itu, pemilihan tema ini diharapkan dapat menjadi gambaran akan upaya pelestarian budaya Jawa yang tidak statis namun dinamis, sesuai dengan perkembangan zaman.

Berbagai rangkaian acara turut memeriahkan perayaan Dies Natalis ke-78 FIB UI. Beberapa di antaranya, yaitu diskusi ilmiah "Diaspora Jawa di Suriname" yang telah berlangsung pada 29 November 2018.

Kemudian pertunjukan Kethoprak DoKar (Dosen dan Karyawan FIB UI) dengan lakon "Manohara Putri Kinnara" pada 30 November 2018, pameran wastra pada 3-4 Desember 2018, dan pertunjukan wayang orang "Rahwana Putih" pada 7 Desember 2018.

Baca juga: FIB UI berikan anugerah budaya

Baca juga: FIB UI Jalin Kerja Sama dengan Malaysia

Baca juga: FIB-UI Gelar Festival Budaya Betawi


 

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar