Pontianak (ANTARA News) - Kepala Polda Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono, menyatakan kesiapannya dalam mengamankan Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Kalimantan Barat.

"Sebagai bentuk kesiapan tersebut, hari ini kami menggelar apel Operasi Lilin Kapuas 2018 di Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak, guna mengecek secara langsung kesiapan, baik personel Polri, TNI dan dari instansi terkait lainnya," kata Haryono, di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, secara umum situasi keamanan dan ketertiban umum di Kalimantan Barat sudah sangat kondusif. Pengungkapan kasus kejahatan konvensional hingga kejahatan lintas batas negara juga sudah dilakukan dengan hasil baik.

"Pada 2018, dengan gelar Operasi Lilin Kapuas ini kegiatan-kegiatan itu dapat kami tekan lagi agar saudara-saudara kita yang akan melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru dapat berjalan secara aman, damai, lancar, dan sukses," katanya.

Gelar Apel Operasi Lilin Kapuas 2018 diikuti 2.400 personel gabungan TNI, Polda Kalimantan Barat, Dinas Perhubungan Provinsi-Kabupaten-Kota, Satuan Polisi Pamong Praja, dan beberapa instansi terkait lain.

Operasi Lilin Kapuas 2018 diselenggarakan selama 10 hari, yakni mulai 23 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019, dengan memfokuskan pada pengamanan kelancaran lalu lintas, rumah-rumah ibadah, terminal, baik terminal darat, laut dan udara, tempat-tempat keramaian, seperti mal, pasar-pasar, dan objek-objek wisata lainnya.

Pewarta: Andilala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018