Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan penundaan kegiatan penangkapan terhadap kucing terkait munculnya polemik razia kucing.
     
Hal tersebut ditulis Gubernur dalam akun facebook Anies Baswedan yang isinya "Teman-teman, terkait polemik razia kucing, pagi ini saya instruksikan kepada dinas terkait agar:
  1. Tunda kegiatan penangkapan;
  2. Ajak bicara organisasi/komunitas pengelolaan binatang;
  3. Lakukan kegiatan pengendalian bersama dengan komunitas;
     

Dalam akun tersebut juga memperlihatkan video tangan yang bermain dengan kucing dengan caption "Lego, kucing adopsi kami yang kakinya diamputasi karena ketika kecil pernah menjadi korban kekerasan pada binatang. Kucing kaki tiga ini sering tidur bersama kami".
     
Pencegahan rabies sebelumnya dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Barat terhadap ribuan hewan pada 2018. "Total sebanyak 5.343 ekor hewan yang telah mendapatkan vaksinasi rabies hingga akhir Juli 2018," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Barat Marsawitri Gumay.
     
Marsawitri mengatakan ribuan hewan yang divaksin rabies terdiri atas 2.206 anjing, 3.067 kucing, 18 kera dan 52 ekor musang. 
Baca juga: Razia anjing-kucing liar disarankan tiga kali setahun
Baca juga: Vaksinasi rabies HPR Jakbar naik dua kali lipat
Baca juga: Jakpus telah vaksinasi 5.520 HPR selama 2018

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019