Pemalang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menonton debat perdana calon presiden dan wakil presiden bersama sejumlah pengunjung yang hadir di Kafe Wapres JK, Jalan Dr Wahidin, Kabupaten Pemalang, Kamis malam.

Dalam perjalanan pulang ke Semarang setelah melakukan serangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Pekalongan dan Brebes, Ganjar mengajak rombongan untuk nonton bareng debat capres yang disiarkan langsung beberapa stasiun televisi.

Ganjar dan rombongan menyaksikan debat capres melalui layar lebar yang berada di lantai dua kafe yang buka 24 jam itu.

Suasana nonton bareng debat capres berlangsung santai, beberapa kali Ganjar bersama para pengunjung kafe terlihat memberikan aplaus ketika masing-masing kandidat Pilpres 2019 selesai menyampaikan pernyataannya.

Saat jeda iklan, sesekali terdengar teriakan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma`ruf Amin.

Seperti diwartakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pilpres 2019 pada Kamis (17/1) malam.

Debat capres dan wakil presiden tersebut disiarkan secara langsung oleh sejumlah media elektronik televisi dan juga RRI.

Debat diikuti oleh pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin dan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Debat capres perdana kali ini mengambil tema hukum, korupsi, hak asasi manusia dan terorisme dengan panelis Guru Besar Hukum UI Hikmahanto Juwana, mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ahli Tata Negara Bivitri Susanti dan Ahli Tata Negara Margarito Kamis.

Debat capres ini merupakan satu dari lima rangkaian debat yang akan dilaksanakan sesuai dengan amanat UU No 7/2017 tentang Pemilu. Dalam UU Pemilu tersebut juga diamanatkan agar debat disiarkan secara luas kepada masyarakat Indonesia.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019