Menteri BUMN: Sambungan listrik gratis bantu masyarakat akses listrik lebih murah

id Menteri BUMN ,sambungan listrik gratis

Menteri BUMN: Sambungan listrik gratis bantu masyarakat akses listrik lebih murah

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah) dan Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua dari kanan) usai mengunjungi keluarga penerima bantuan sambungan listrik gratis.

Bekasi (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan bahwa sambungan listrik gratis untuk keluarga tidak mampu membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik yang lebih murah.

"Ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik yang lebih murah, dan bisa lebih menopang kegiatan ekonomi rumah tangganya," ujar Menteri Rini kepada wartawan di Bekasi, Rabu.

Menteri BUMN menjelaskan bahwa kenyataannya memang masih ada warga yang berlistrik tapi itu diambil dari rumah yang sudah berlistrik (levering).

"Dengan bantuan sambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada masyarakat, warga sepenuhnya akan menikmati listrik langsung dari PLN," kata Menteri Rini.

Sinergi BUMN telah melakukan penyambungan listrik gratis sebanyak 309 rumah untuk keluarga yang tidak mampu di Muara Gembong Kabupaten Bekasi.

Saat ini rasio elektrifikasi Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100 persen. Hanya saja, PLN mencatat masih ada 11.000 kepala keluarga yang memperoleh listrik dari rumah tetangga (nyantol/levering) karena mereka tidak mampu menanggung biaya penyambungan dan instalasi listrik sebesar Rp 1 juta.

Program ini merupakan program nasional di seluruh Indonesia. Di wilayah Jawa Barat sendiri tercatat sudah tersambung 105.000 rumah, dari target 235.000 ribu rumah. Secara nasional sebanyak 1,2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap.

Dalam rangka kunjungan kerjanya ke Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Presiden RI Joko Widodo mengunjungi keluarga penerima bantuan sambungan listrik gratis hasil sinergi PLN dan 35 BUMN lainnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Diri Nurbaya serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meninjau petani tambak udang di Muara Gembong, Bekasi.

Baca juga: Sinergi BUMN sambungkan listrik gratis untuk 60.798 keluarga di Jabar
Baca juga: Presiden blusukan di Garut pastikan penyambungan listrik gratis masyarakat terealisasi


Pewarta : Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar