Tanjungpinang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mengingatkan generasi milenial untuk memerangi hoaks, terutama yang berhubungan dengan pemilu, yang disebarkan melalui media sosial maupun media massa.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, di Tanjungpinang, Sabtu, mengatakan generasi milenial harus mampu mengendalikan diri, dan tidak mudah menyebarkan informasi maupun berita yang belum tentu benar.

"Para pelajar, generasi milenial agar tidak mudah terpancing isu hoaks. Harus lebih bijak menggunakan media sosial, dan jangan sekali-kali melakukan ujaran kebencian di media sosial khususnya yang berkaitan dengan Pemilu 2019 ini," katanya lagi.

Ucok mengatakan peran generasi muda sangat besar dalam menyukseskan pemilu. Karena itu, mereka harus melek terhadap pemilu, sehingga mendapat pendidikan politik, sekaligus bersama-sama menjaga kondisi daerah tetap aman dan tenteram.

Kapolres juga menyerukan seluruh generasi milenial yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih, agar menggunakan hak pilihnya pada pemilu. Generasi milenial harus mampu menjadi garda terdepan dalam meningkatkan partisipasi pemilu.

"Nyoblos itu keren. Tunjukkan gregetmu dengan menggunakan hak pilih dengan cerdas," kata Ucok menyampaikan moto pemilu untuk generasi milenial.

Sejalan dengan peringatan Hari Musik Nasional, kata dia lagi, Pemilu 2019 dapat dianalogikan sebagai alunan irama musik yang dihasilkan dari beberapa jenis alat musik berbeda, dengan nada yang berbeda pula. Namun perbedaan alat musik itu menghasilkan harmoni dan keindahan.?

"Sama halnya dengan penyelenggaraan pemilu yang aman, damai dan sejuk yang juga akan menciptakan harmoni kehidupan meskipun berbeda pilihan. Adapun nada sumbang yang muncul seringkali karena berita hoaks dan ujaran kebencian," katanya pula.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019