Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menggelar berbagai kegiatan dalam rangka puncak peringatan Hari Air Sedunia 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta dengan tema “Air Untuk Semua”.

"Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk senantiasa menjaga kualitas air dari sumbernya. Serta berupaya mewujudkan Jakarta sebagai kota yang bebas dari sampah, terutama di wilayah perairan, seperti laut, sungai, danau, rawa, teluk dan perairan lainnya," kata Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Djafar Muchlisin di Jakarta Selatan, Sabtu.

Djafar mengatakan menjaga kualitas air bukan hanya saat peringatan Hari Air Sedunia saja, namun harus  menjadi prilaku keseharian.

“Kita harus bisa menjaga kualitas air, dengan tidak mencemari air dari berbagai jenis limbah. Kita rawat air dengan berbagai cara," kata Djafar.

Seperti pembuatan drainase vertikal, berupa sumur resapan dan lubang resapan biopori, yang bermanfaat sebagai tabungan air saat musim kemarau, penanaman pohon, serta aksi bersih-bersih.

Dia menyampaikan bahwa hal ini sejalan dengan arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, yang mengajak masyarakat terlibat langsung untuk mengelola sampah.

Serta membuat drainase vertikal sebagai bentuk gerakan masyarakat. Ke depan, pengelolaan sampah tidak lagi di hilir, tetapi mulai dari hulu dengan cara mengurangi hingga mendaur ulang sampah yang dihasilkannnya.

“Pengurangan sampah dari sumbernya bisa menyelamatkan lingkungan menjadi bersih, indah, dan sehat," kata Djafar.

Melalui gerakan aksi bersih-bersih sampah dan membuat drainase vertikal ini, Pemprov DKI Jakarta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membuat lingkungan di sekitarnya bersih dari sampah, serta dapat menabung air.

Pemprov DKI Jakarta juga sangat mendukung komunitas-komunitas yang bergerak dalam bidang pengelolaan sampah, terutama dalam mengkampanyekan kegiatan pengurangan sampah, serta kampanye membuat drainase vertikal.

"Kita berkolaborasi dengan berbagai komunitas dalam menyukseskan ini,” tambah Djafar.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019