Sentani, Jayapura (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengatakan pihaknya siap melibatkan 1.000 perempuan dan anak untuk menanam pohon di kaki Gunung Cyclop di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.
 
"Ada lahan-lahan kosong di bawah kaki Gunung Cyclop yang perlu kita tanam pohon, saya akan gerakan 1.000 orang sebagian besar anak-anak," kata Menteri Yohana Yembise disela-sela kunjungannya ke lokasi korban banjir Sentani yang berada di posko Gedung Olahraga Toware Sentani, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Minggu.

Menurut Menteri Yohana, dirinya ingin menanamkan kepada anak-anak bahwa masa depan untuk melindungi ada ditangan mereka.

"Jadi mereka juga bisa tahu bagimana bisa melindungi alam mereka, itu rencana saya kedepan," katanya.

Meski demikian, kata dia, pihaknya tetap mendampingi para korban banjir yang masih "trauma healing".

"Bilamana ada yang belum mempunyai tempat tinggal, bisa melaporkan ke saya, nanti saya akan koordinasikan dengan kementerian terkait seperti Kementerian Sosial atau Kementeriam Pendidikan, itu adalah tugas saya," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya menyelamatkan anak-anak dan perempuan yang terdampak korban banjir bandang Sentani.

"Kami punya rencana kedepan karena saya perempuan Papua, ingin menyelamatkan perempuan dan anak yang terdampak korban banjir," katanya.

Ia menambahkan, karena kedepan perempuanlah yang menghasilkan generasi Papua yakni punya anak.
 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019