Blitar (ANTARA) - Ribuan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Blitar, Jawa Timur, ikut dilibatkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019, agar berjalan dengan tertib lancar di kabupaten ini.

Bupati Blitar Rijanto mengemukakan, bahwa tugas pokok dan fungsi linmas merupakan salah satu unsur pelaksana dalam pengamanan kegiatan. Untuk lebih profesional melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam pengamanan pemilu 2019, linmas juga mendapatkan pelatihan dari polisi.

"Kami serahkan kepada kapolres dan kapolresta untuk diadakan pembinaan dan pelatihan seperlunya agar dapat tepat guna dalam pelaksanaan tugasnya nantinya," katanya saat penyerahan Satlinmas kepada Polres Blitar dan Polres Kota Blitar guna pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019 di Alun-alun Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jumat.

Bupati menambahkan 2019 ini adalah tahun istimewa karena pemilu secara serentak pertama kalinya dilaksanakan. Dalam pembinaan linmas itu juga melibatkan Polresta Blitar, sebab sejumlah kecamatan di wilayah kabupaten masuk wilayah hukum Polresta Blitar.

Dirinya berharap, dengan pengamanan yang juga melibatkan linmas nantinya pelaksanaan pemilu bisa berlangsung dengan tertib dan lancar.

"Untuk itu pemilu di Kabupaten Blitar khususnya dan secara nasional harus sukses, baik sukses pelaksanaan, sukses kehadiran pemilih di TPS dan sukses capaian coblosan," kata dia.

Bupati juga berharap agar semua elemen masyarakat bersama-sama turut serta menyukseskan Pemilu 2019, tidak terkecuali linmas yang nantinya juga ikut pengamanan di setiap TPS.

"Linmas tidak boleh dipandang sebelah mata, karena keberadaan linmas dari, oleh dan untuk masyarakat. Mereka selalu berada di tengah-tengah masyarakat, sehingga mengetahui kondisi riil dari masyarakat," tegas Bupati.

Secara total, jumlah Satlinmas yang diturunkan dan diserahkan pembinaan pada Polres Blitar dan Polres Blitar Kota berjumlah 10.966 personel.

Untuk wilayah Polres Kota Blitar Kota terdapat enam wilayah kecamatan, 77 Desa/Kelurahan, dengan 1.520. Di wilayah hukum Polresta Blitar akan diperkuat 3.485 personel linmas.

Sedangkan di Polres Blitar ada 16 wilayah kecamatan terdiri dari 171 desa/kelurahan dengan 3.233 TPS, dan diperkuat 7.481 personel satlinmas.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Suyanto menambahkan nantinya untuk penataan personel Satlinmas akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian.

"Secara resmi personel Satlinmas yang dimiliki Kabupaten Blitar telah diserahkan kepada kepolisian dan penyerahan itu dilakukan langsung oleh Bupati Blitar. Jadi, nanti penataan juga diserahkan ke polres," kata Suyanto.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019