Anies memastikan kesiapan pemilu di Pulau Sabira

id anies, pulau sabira,Kepulauan seribu

Anies memastikan kesiapan pemilu di Pulau Sabira

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama pihak terkait ketika meninjau salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu, Selasa (16/4/2019). (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya memastikan kesiapan pemilu di seluruh wilayah Ibu Kota Jakarta, termasuk di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu.

“Hari ini adalah hari terakhir, besok ada pilpres-pileg. Saya datang dengan Ketua KPU (Provinsi DKI Jakarta), untuk melihat kesiapan di sini dan kami membantu fasilitasi. Kami tidak terlibat dalam penyelenggaraan, tetapi apa yang menjadi kebutuhan KPUD, kami akan bantu,” kata Anies di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu, Selasa.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menjelaskan bahwa seluruh kebutuhan kelengkapan TPS di Pulau Sabira telah disiapkan dengan baik.

“Alat kelengkapan TPS jam dua siang ini sampai. Kotak, bilik dan surat suara nanti disimpan di tempat yang aman oleh penduduk di sini untuk kemudian besok pagi dimasukkan ke TPS-TPS," kata Betty.

Fasilitas yang dipinjamkan semuanya aset daerah, satu Rumah Panggung (Bale Warga) dan PAUD.

"Alhamdulillah besok warga Pulau Sabira, pulau terjauh dari Jakarta, mungkin ini lokasi terjauh TPS yang ada di Jakarta, dengan dua TPS, 416 pemilih, semuanya dapat terfasilitasi untuk penggunaan hak pilihnya," kata dia.

Dalam lawatan kali ini, Anies yang didampingi Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad serta Ketua TP PKK DKI Jakarta Fery Farhati Ganis melakukan peninjauan ke TPS 06 dan TPS 07 Pulau Sabira.

Pulau Sebira atau Sabira merupakan pulau terluar dan wilayah paling utara dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, yang telah dihuni sejak tahun 1975.

Pulau ini memiliki mercusuar yang dibangun di zaman kolonial Belanda tahun 1869 yang dinamakan sebagai Noord Wachter (Penjaga Utara).

Warga di pulau ini merupakan bagian dari Rukun Warga (RW) di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Penduduk Pulau Sebira berjumlah kurang lebih 500 jiwa yang terdiri atas empat Rukun Tetangga (RT) dan 170 Kepala Keluarga (KK). Pelayanan listrik 24 jam di Pulau Sebira sudah dapat dinikmati sejak awal Januari 2019.

Anies tercatat sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta kedua yang berkunjung ke Pulau Sebira, setelah tahun 1985 Gubernur DKI Wiyogo Atmodarminto sebagai kepala daerah pertama berkunjung ke Pulau Sabira.

Mantan Wagub DKI Sandiaga Salahuddin Uno tercatat sebagai Wagub DKI pertama yang berkunjung ke Pulau Sabira pada 30 Juli 2018.
Baca juga: KPU Kepulauan Seribu tukarkan satu kotak suara
Baca juga: KPU: KM Makmur Jaya 11 Ekspress lanjutkan distribusikan logistik
Baca juga: Bupati: jarak pengaruhi distribusi logistik di Kepulauan Seribu

Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar