Kita berupaya maksimal untuk mencukupi kebutuhan pemudik tahun ini,
Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah menyiapkan tiga kapal perintis untuk melayani arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Selain itu, Pelni juga menambah empat jadwal pelayaran rute Batam-Belawan di Sumatera Utara. KM Kelud pada pelayaran reguler Batam-Belawan biasanya hanya dua kali.

"Kita berupaya maksimal untuk mencukupi kebutuhan pemudik tahun ini," ujar Kepala Kesekretariatan, PT Pelni Persero Yahya Kuncoro di Batam, Senin.

Ia menambahkan, KM Bukit Raya salah satu kapal milik Pelni yang melayani rute pelayaran di wilayah Kepri saat ini masih belum bisa beroperasi.

Hal itu dikarenakan, kapal yang melayani rute Tanjung Priok, Belinyu, Kijang, Letung, Tarempa, Natuna, Midai, Serasan, Pontianak, Tanjung Perak itu masih dalam kondisi perbaikan.

"Untuk KM Bukit Raya saat ini memang masih perbaikan di Tanjung Priok, Jakarta. Kita masih menunggu sparepart yang belum tiba, karena harus pesan ke pabriknya di luar negeri," ungkapnya.

Kendati demkian, tambahnya Pelni tetap berkomitmen agar kapal tersebut sudah dapat beroperasi sebelum memasuki musim angkutan lebaran 2019.

"Kepada penumpang KM. Bukit Raya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, kapal harus perbaikan untuk menjamin kehandalan dan keselamatan kapal saat mudik nanti," sebut Yahya.

Pewarta: Ogen
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019