Tanjungpinang (ANTARA) -

Pemerintah siagakan tiga unit Kapal Sabuk Nusantara untuk mengantarkan penumpang yang ingin mudik antarpulau di Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Perhubungan Kepri Jamhur Ismail, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan, tiga unit Kapal Sabuk Nusantara akan mengantarkan penumpang dari Tanjungpinang menuju pulau-pulau di Kabupaten Natuna hingga Kepulauan Anambas.

"Bahkan sampai ke Pontianak sebelum kembali ke Tanjungpinang," ujarnya.

Ia menjelaskan, Kapal Sabuk Nusantara juga mengangkut barang-barang kebutuhan masyarakat karena menjelang Idul Fitri kebutuhan masyarakat semakin meningkat sehingga diperlukan lebih banyak armada kapal yang mengangkutnya ke pulau-pulau.

"Bahaya kalau kebutuhan sembako di pesisir tidak dipenuhi segera," ucapnya.

Jamhur mengatakan angkutan warga di Pulau Bintan (Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan) yang ingin mudik juga diperkuat dengan KM Bukit Raya. Kapal ini sandar di Pelabuhan Kijang, Bintan hari ini, dan besok berlayar ke Jakarta.

"Kapal ini juga keliling perairan Natuna," katanya.

Jamhur mengemukakan kapal yang mengangkut kendaraan roda dua dan roda empat juga dipersiapkan. Sebanyak sembilan Kapal Roro sudah dipersiapkan untuk mengangkut orang sekaligus kendaraannya.

"Ada satu Kapal Roro yang masih diperbaiki. Ini sudah dibahas, dan diputuskan untuk diperoleh kapal pengganti yang segera melayani pelayaran dari Tanjungpinang menuju Dabo Singkep dan Kuala Tungkal.

"Kapal ini juga membawa sembako, karena itu harus segera ada kapal pengganti," katanya.

Baca juga: Empat kapal disiapkan Pelni untuk mudik ke pulau terluar Kepri
Baca juga: Pelni siapkan tiga kapal untuk melayani mudik lebaran di Kepri
Baca juga: Kapal Ramadhan ACT Kepri singgahi Pulau Seraya

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019