Baznas Biak sedang melakukan pendataan kepada siswa siswi berprestasi untuk diberikan beasiswa pendidikan tahun 2019
Biak (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua telah menyiapkan beasiswa pendidikan bagi 30 siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk jenjang pendidikan SD,SMA dan SMK untuk melanjutkan setelah mereka menamatkan pendidikan dasar.

"Baznas Biak sedang melakukan pendataan kepada siswa siswi berprestasi untuk diberikan beasiswa pendidikan tahun 2019," kata Ketua Baznas  Biak, Dr Muslim Lobubun, SH, saat dihubungi ANTARA di Biak, Kamis.

Muslim mengakui, selain beasiswa pihak Baznas Biak Numfor juga akan memberikan bantuan dana kebutuhan hidup khusus lansia.

Adanya bantuan khusus lansia, lanjut Muslim, karena itu bagian dari program pemberdayaan zakat untuk pengentasan kemiskinan para lanjut usia.

"Untuk dana beasiswa dan bantuan khusus lansia sudah kami programkan di Baznas, Insyah Allah program ini segera direaliasikan," katanya.

Muslim mengakui, organisasi Baznas sangat peduli dengan program peningkatan kualitas sumber daya manusia dari keluarga yang berkemampuan ekonomi kurang.

"Dengan bantuan anggaran beasiswa anak berprestasi dapat menjamin kelangsungan pendidikan anak dalam mengejar cita-cita di berbagai jenjang pendidikan," kata Muslim Lobubun.

Baznas  merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran Baznas sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional dan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri serta bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama

Baca juga: Baznas Biak Numor himpun zakat fitrah Rp534 juta

Baca juga: Umat Islam Biak diminta salurkan zakat lewat lembaga resmi

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019