Kami koordinasi dengan aparat wilayah setempat untuk selalu monitor perkembangan di lapangan, kata Subejo
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, melalui laman resmi di Twitter pada Senin malam, merilis informasi tentang antisipasi sembilan wilayah yang kemungkinan akan terdampak banjir rob akibat kenaikan permukaan air Pasar Ikan dengan status siaga II atau kritis.

Kesembilan wilayah itu berada di bagian utara Jakarta, dengan rincian sebagai berikut.

1. Kamal Muara
2. Kapuk Muara
3. Penjaringan
4. Pluit
5. Ancol
6. Marunda
7. Cilincing
8. Kalibaru
9. Kamal

Baca juga: BPBD DKI: Waspadai potensi rob di Jakarta Utara

Kenaikan permukaan air mulai tercatat sejak pukul 14.00 WIB dan terus meningkat hingga hingga pukul 17.00 WIB dengan status siaga III atau waspada. Tinggi muka air (TMA) di pintu air Pasar Ikan secara berturut dalam dalam empat jam tersebut adalah 178 cm, 180 cm, 188 cm, 195 cm. Pemutakhiran TMA pada pukul 18.00 WIB mencatat TMA mencapai 207 cm.

"Kami koordinasi dengan aparat wilayah setempat untuk selalu monitor perkembangan di lapangan," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Subejo ketika dihubungi ANTARA.

Baca juga: Jakarta Utara mengantisipasi rob

BPBD mengimbau warga pesisir Pantai Utara Jakarta dan juga Kepulauan Seribu untuk selalu berhati-hati terhadap potensi banjir rob tersebut.

Sementara itu, data pencatatan TMA di 11 lokasi pintu air lainnya terpantau berada dalam rentang angka siaga IV atau kondisi aman.

Pewarta: Suwanti
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019