Pangkalpinang (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Kepulauan Belitung bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Babel melakukan uji coba sehari tanpa kendaraan di kawasan Bhaypark Pangkalpinang.

Dirlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Agus Fatchulloh di Pangkalpinang, Minggu, mengatakan pada uji coba tersebut seluruh kendaraan bermotor dilarang masuk dan melintas mulai dari depan kantor gubernur hingga depan Polda. Panjangnya sekitar 800 meter.

"Jalan raya kami tutup sekitar 800 meter ini agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk kegiatan hari bebas kendaraan. Misalnya untuk olahraga, menyalurkan hobi, berkumpulnya komunitas dan kegiatan lainnya. Alhamdulillah walaupun baru dua hari kami sosialisasikan, antusiasme warga cukup ramai," katanya.

Kegiatan tersebut rencananya dilaksanakan rutin setiap hari Minggu karena pada kegiatan itu banyak hal atau pesan yang bisa disampaikan kepada masyarakat. Misalnya menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, edukasi masalah lalu lintas dan lainnya yang juga bisa disampaikan instansi terkait.

"Kegiatan ini sifatnya umum, instansi terkait lainnya juga bisa melaksanakan kegiatan di sini untuk menyampaikan atau menyosialisasikan apa yang menjadi program mereka," katanya.

Menurut Agus, kawasan Bhaypark sangat ideal untuk melaksanakan berbagai macam aktivitas maupun olahraga pagi dan yang terpenting bagaimana cara memberdayakan tempat ini untuk dimanfaatkan khalayak ramai.

"Kawasan ini juga termasuk masih sepi, semakin banyak tempat fasilitas olahraga, maka semakin bagus," ujarnya.

Baca juga: Pengunjung nikmati suasana CFD dari Taman Spot Dukuh Atas
Baca juga: Baznas promosikan donasi kurban di CFD
Baca juga: Pustakawan kampanyekan gemar membaca melalui kedai kopi di CFD


Kepala Dishub Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tajuddin mengatakan Pemprov Kepulauan Babel sangat mendukung kegiatan hari bebas kendaraan yang digagas Ditlantas Polda Babel.

"Ide Dirlantas membuka tempat baru untuk berkumpulnya masyarakat sangat bagus dan patut diapresiasi. Tempat ini juga sangat bagus untuk tempat berkumpul keluarga melaksanakan berbagai aktivitas," ujarnya.

Menurut dia, Bhaypark memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat berkumpulnya masyarakat karena di tempat itu nanti semakin banyak kegiatan dan atraksi dari berbagai komunitas.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019