Hangzhou-Hong Kong sepakat perdalam pertukaran ekonomi dan dagang

AsiaNet 75313

HANGZHOU, Tiongkok, 20 September 2018 (Antara/Xinhua-AsiaNet)--

Dalam pertemuan promosi bertajuk "New era, New cooperation, New development -- Glamorous Hangzhou" yang digelar di Hong Kong pada 17 September lalu, Hangzhou dan Hongkong sepakat untuk lebih memperdalam kerja sama ekonomi dan dagang serta mempromosikan bersama pembangunan Belt and Road.

Pada pertemuan promosi itu, Zhou Jiangyong, sekretaris CPC Hangzhou Municipal Committee, menuturkan kalau Hangzhou, ibukota Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, adalah kota yang indah, historis, bergairah dan terbuka. Hong Kong adalah kota metropolitan modern tersohor dunia. Hubungan antara Hangzhou dan Hong Kong amat dalam dan sudah berlangsung lama. Kedua kota tersebut juga memiliki kelebihan yang saling melengkapi dan menjalin kerjasama erat. Pada akhir tahun 2017, lebih dari 6000 perusahaan Hong Kong telah berinvestasi di Hangzhou dengan total investasi lebih dari 520 miliar dolar AS, sehingga membuatnya sumber investasi asing terbesar di Hangzhou.

Saat ini, Hangzhou tengah menghadapi peluang historis besar untuk "pasca KTT, Asian Games dan modernisasi". Zhou Jiangyong berkata kalau Hong Kong merupakan simpul penting Belt and Road. Ia berharap Hangzhou dan Hong Kong akan memperkuat pertukaran dan kerjasama dalam pembangunan Belt and Road, memperdalam kerja sama dalam pengembangan industri, pendidikan sains dan teknologi, inovasi dan kewirausahaan, pariwisata dan bidang lainnya, serta bekerja sama dalam berbagai bidang di masa mendatang.

Chen Baili, deputy director Commerce and Economic Development Bureau Hong Kong SAR Government, yang menghadiri pertemuan itu, berkata kalau Hong Kong dan Hangzhou bekerja sama erat di bidang ekonomi, budaya, pengembangan pemuda dan banyak bidang lainnya.

Zhou Qiliang, Vice President Hong Kong Trade Development Council, mengemukakan bahwa Hong Kong adalah pusat finansial internasional, sekaligus pusat perdagangan dan pengiriman. Hangzhou adalah pusat e-commerce di Tiongkok daratan sekaligus kota yang tersohor karena inovasi dan teknologi. Kedua tempat tersebut bisa memperkuat kerja sama dan membawa hasil yang sama-sama menguntungkan. Dengan cara ini, perusahaan di Hangzhou dan Hong Kong bisa berekspansi dan mempromosikan lebih banyak perusahaan Tiongkok ke seluruh dunia.

Ant Financial Services Group, Jardine Matheson Group dan perwakilan bisnis lainnya dari Hangzhou dan Hong Kong juga menghadiri pertemuan tersebut. Kata Peng Yaojia, vice president Jardine Matheson, dengan perkembangan pesat ekonomi dan sosial di Hangzhou, Jardine Matheson berharap meningkatkan investasi dalam industri jasa di Hangzhou serta memberikan lebih banyak kemudahan bagi penduduk Hangzhou. Yang Peng, vice president Ant Financial, berujar bahwa Hong Kong adalah  perhentian pertama untuk mengeksplorasi internasionalisasi Ant Financial, kami berharap dapat lebih berkontribusi pada bidang pembayaran mobile dan teknologi finansial Hong Kong.

Sumber: The Publicity Department of the CPC Hangzhou Municipal Committee
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024