Tarakan (ANTARA) - Kabupaten Nunukan adalah salah satu sentra peternakan ayam broiler di provinsi Kalimantan Utara. Hasil peternakan tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Nunukan , melainkan juga  daerah lain seperti Kota Tarakan. 

Dalam seminggu terakhir, terdapat 1.850 kilogram daging ayam yang dikirim ke kota Tarakan. Sebelum dilalulintaskan,  pejabat karantina hewan Karantina Pertanian Tarakan Wilayah Kerja Nunukan melakukan pemeriksaan terhadap daging ayam tersebut.

“Pemeriksaan dilakukan untuk menjamin daging ayam tersebut bebas dari HPHK (Hama dan Penyakit Hewan Karantina) dan layak untuk dikonsumsi,” kata Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby di Tarakan, Minggu.

Dijelaskannya bahwa pada masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi. Daging ayam merupakan salah satu bahan pangan asal hewan yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

"Ayo penuhi asupan gizi keluarga dengan rutin mengkonsumsi protein hewani, jangan lupa konsumsi empat sehat lima sempurna untuk menjaga daya tahan tubuhmu,” kata Alfaraby.

 

Namun tetap lapor karantina yaaa setiap melalulintaskan komoditas pertanian, dimanapun berada dan Karantina Pertanian Tarakan siap membantu.
Baca juga: Karantina Pertanian Tarakan fasilitasi ekspor olahan sawit ke Malaysia
Baca juga: Malinau jadi daerah penyuplai kebutuhan pangan untuk IKN


Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024