Tarakan (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading Regional Kalimantan menghadirkan Pertashop sebagai upaya memajukan pertumbuhan ekonomi diberbagai wilayah khususnya di pedesaan. 

"Sebanyak 229 outlet Pertashop telah berhasil beroperasi di Pulau Kalimantan," kata Area Manager Communication, Relation and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Susanto August Satria dalam rilis yang diterima di Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis.

Komitmen Pertamina untuk menghadirkan BBM berkualitas ke seluruh pelosok negeri, berkaitan dengan salah satu pilar PT Pertamina Patra Niaga yaitu Go Retail. 

Melalui program ini Pertamina siap meningkatkan pelayanan sebagai salah satu agen pembangun negara.

 “Saat ini Pertamina terus berusaha menggandeng berbagai instansi seperti Kemendagri, Kementrian BUMN, Kementerian Desa, PDT dan transmigrasi," kata Satria.

Serta Masyarakat Ekonomi Syariah untuk mempercepat realisasi program Pertashop sehingga dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan energi.

Selain mempermudah akses bahan bakar berkualitas bagi masyarakat, Pertashop turut berkontribusi dalam mengurangi angka pengangguran yang cukup tinggi pasca masa pandemi ini. 

Tidak kurang dari 500 orang tercatat memperoleh mata pencaharian baru sebagai petugas Pertashop di seluruh Kalimantan. 

“Pertashop diharapkan dapat mempermudah akses energi bagi masyarakat dan mampu menggerakan perekonomian hingga ketingkat desa," kata Satria.

Dia menjelaskan program Pertashop menjadi salah satu yang sangat digemari masyarakat Kalimantan.

Hal ini terbukti di tahun 2020 Pertashop berhasil menyalurkan 1.363 Kiloliter BBM berkualitas Pertamax dan di tahun 2021 penyaluran Pertashop mengalami peningkatan tajam, yakni mencapai 15.717 kiloliter. 

Sementara itu, Sales Area Manager Kaltimut (Kalimantan Timur dan Utara), Gusti Anggara mengatakan bahwa terdapat 12 unit outlet Pertashop yang sudah beroperasi dan tersebar terutama di wilayah pedesaan Kalimantan Utara.

“Tercatat hingga Oktober 2021, konsumsi produk BBM berkualitas Pertamax yang berhasil disalurkan melalui Pertashop mencapai 434 kiloliter hanya untuk wilayah Kaltara," kata Gusti.

Dia turut memberikan apresiasinya kepada seluruh konsumen BBM berkualitas Pertamina, khususnya pelanggan setia produk Pertamax di outlet Pertashop. 

“BBM berkualitas Pertamax memiliki oktan tinggi, sehingga selain menjaga performa mesin, juga dapat mengurangi pencemaran udara. Hal ini tentunya berdampak positif dalam menjaga lingkungan khusus nya pulau Kalimantan," kata Gusti.

Pertashop sendiri adalah sebuah lembaga penyalur resmi dari Pertamina untuk melayani kebutuhan BBM berkualitas, Bright Gas, dan pelumas yang belum terjangkau oleh SPBU dengan harga retail dan resmi dari Pertamina.
Baca juga: Pertamina Pastikan Stok BBM Aman di Kaltara
Baca juga: KKKS Komitmen Capai Target 703 Ribu BOPD dan 5.800 MMSCFD Pertashop melayani kebutuhan BBM berkualitas, Bright Gas, dan pelumas yang belum terjangkau oleh SPBU dengan harga retail dan resmi dari Pertamina. ANTARA/HO - Communication, Relation and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan.

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024